Pewakilan GMJ Ancam Bakar Gedung DPRD DKI

Wanda Indana    •    Senin, 01 Jun 2015 13:47 WIB
basuki tjahaja purnama
Pewakilan GMJ Ancam Bakar Gedung DPRD DKI
Ratusan Orang Massa GMJ--Metrotvnews.com/Ilham Wibowo

Metrotvnews.com, Jakarta: Setelah dua jam berorasi, puluhan orang dari perwakilan massa Gerakan Masyarakat Jakarta (GMJ) dijanjikan bertemu Ketua DPRD DKI Jakarta, Prasetyo Edi Marsudi, dan Ketua Fraksi Hanura, Mohamad 'Ongen' Sangaji. Namun, setelah masuk ke kantor DPRD DKI, perwakilan GMJ tak kunjung dipertemukan dengan keduanya. Lantaran emosi, salah satu perwakilan dari GMJ mengancam membakar Gedung DPRD DKI Jakarta.

"Saya tidak butuh kalian, kalian hanya cecunguk. Saya hanya ingin ketemu wakil kami di sini. Kalau enggak, bisa gue bakar nih gedung," kata Juru bicara Forum Betawi Rempug (FBR), Djuneidi sambil menggebrak meja
di Gedung DPRD DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Senin (1/6/2015).

Djuneidi mengatakan bahwa Prasetyo dan Ongen saat ini tengah berada di luar kantor DPRD DKI Jakarta. Mereka hanya dipertemukan dengan Koordinator Keamanan Sekretariat DPRD DKI, Ubaidilah.

Emosi massa di dalam gedung DPRD DKI semakin memanas. Mereka mengancam akan melakukan perusakan bila tidak dipertemukan dengan anggota dewan. "Saya tanya, anggota DPRD ada berapa? Enggak ada semua? bagaimana sih," ketusnya.

Sementara, Rahmat, Juru Bicara Forum Betawi Bersatu. (FBB) mengatakan mereka harus bertemu dengan siapa saja perwakilan dewan. Dia mengungkapkan pihaknya ingin meminta dewan untuk melanjutkan Hak Menyatakan Pendapat (HMP).

"DPRD kan tidak 1-2 orang, DPRD kan ada banyak, boleh dong terima kita. Tuntutannya ahok harus lengser dan HMP harus jalan, kami akan tanyakan kepada anggota dewan dan ketua kenapa HMP tidak jalan? Kalau tidak ada kompromi maka rakyat yang akan kompromi. Kami tidak sembarangan mengambil langkah, kami akan konsolidasi," pungkas Rahmat.

Setelah menunggu sekira 30 menit berada di dalam ruang rapat, akhirnya mereka dipertemukan dengan dua perwakilan dewan, yakni Wakil Ketua Fraksi Hanura Hamidi, dan Anggota Fraksi Demokrart-Partai Amanat Nasional (FD-PAN) Johan Musyawa.


(YDH)