14 Penumpang Diselamatkan dari Kecelakaan Kapal di Sungai Yangtze

Dheri Agriesta    •    Rabu, 03 Jun 2015 09:32 WIB
kecelakaan kapal
14 Penumpang Diselamatkan dari Kecelakaan Kapal di Sungai Yangtze
Kapal pesiar terbalik di Sungai Yangtze. Foto: Getty Images.

Metrotvnews.com, Tiongkok: Sebanyak 14 orang diselamatkan dari kapal pesiar yang terbalik di Sungai Yangtze. Sementara itu, tujuh orang penumpang dikabarkan tewas dalam kecelakaan kapal ini.

Kapal pesiar dengan 458 penumpang ini terbalik dihantam badai di Sungai Yangtze, Tiongkok, Selasa (2/6/2015). Kapal ini membawa wisatawan lanjut usia berlayar menuju Kota Praja Chongqing di bagian hulu sungai Yangtze ini. 

"Regu penyelam sedang menyusuri kompartemen kapal untuk mencari penyintas," seperti dikutip dari Antara, Rabu (3/6/2015).

Sebanyak 12 orang telah diselamatkan dari sungai, sedangkan dua orang penumpang yang selamat dievakuasi dari badan kapal. Seorang perempuan berusia 65 tahun menyelamatkan diri dengan berenang ke luar badan kapal setelah penyelam memberikan alat bantu pernafasan. Sedangkan seorang lelaki berusia 21 tahun ditemukan terjebak di dalam kompartemen kecil, lelaki ini diberikan alat bantu pernafasan dan berhasil berenang ke luar kapal.

"Pencarian telah diperluas hingga 150 kilometer ke arah hilir dari lokasi tenggelamnya kapal dan dilanjutkan sampai 220 kilometer," kata Wakil Kepala Administrasi Li Jiang.

Sebanyak 4.000 personel gabungan yang terdiri dari polisi, tentara, dan pemadam kebakaran terlibat dalam misi penyelamatan ini. Bendungan Tiga Ngarai yang ada di arah hulu lokasi kecelakaan telah ditutup untuk membatasi bertambahnya permukaan air akibat hujan yang terus turun. 

Penyelam mengeluhkan sulitnya penyelamatan karena posisi kapal yang terbalik dan kondisi cuaca yang buruk. Saat ini, sebuah kapal pertolongan dengan bobot 500 ton telah tiba di lokasi kecelakaan. Satu buah kapal dengan ukuran yang sama akan tiba untuk membantu dalam waktu dekat.



(DRI)