Kurang Tidur Bisa Sebabkan Penyakit Alzheimer?

   •    Rabu, 03 Jun 2015 10:53 WIB
kesehatanpenyakit
Kurang Tidur Bisa Sebabkan Penyakit Alzheimer?
Kurang tidur bisa menurunkan memori ingatan. (Foto:visualization.com)

Metrotvnews.com, Jakarta: Kurangnya waktu tidur bisa mempengaruhi memori serta daya ingat pada seseorang. Selain itu, kurang tidur bisa meningkatkan peluang untuk mengembangkan penyakit Alzheimer. Para peneliti telah percaya bahwa kurang tidur memungkinkan protein memori menolak untuk menuju ke otak.

Pada masanya, tingkatan yang lebih tinggi dari protein amiloid beta akan mengakibatkan penyakit Alzheimer. Terapi tidur dengan benar bisa membantu menunda timbulnya penyakit tersebut, serta memperlambat perkembangan dalam mereka yang sudah terkena penyakitnya.

Penemuan ini menawarkan harapan baru dimana tidur bisa menjadi sasaran terapi baru untuk melawan terhadap gangguan daya ingat pada orang dewasa.

Penelitian California seperti dilansir dari dailymail.co.uk melihat hubungan antara amiloid beta, kualitas tidur, dan kemampuan untuk menghafal fakta.

Dengan menggunakan sampel penelitian dari 26 pria dan wanita sehat berusia 60 tahun ke atas, scan otak yang dilakukan telah menunjukkan bahwa di antara mereka yang paling amiloid pada otak mereka memiliki kualitas tidur yang buruk atau kurang tidur.

Dengan penelitian sebelumnya yang menunjukkan tidur nyenyak untuk mampu 'membersihkan' beta-amiloid dari otak, para peneliti percaya kurang tidur menjadi bagian penting dimana memori semakin buruk.

"Ada jalur baru yang menghubungkan penyakit Alzheimer kehilangan memori dan itu salah satu yang penting karena kita bisa melakukan sesuatu tentang hal itu," kata Bryce Mander, penulis utama studi tersebut.

Dr Ian Le Guillou dari Alzheimer Society mengatakan, jika hal ini diperlukan penelitian lebih dalam untuk memahami apakah kurang tidur berkontribusi terhadap masalah daya ingat sangat diperlukan. Karena jika iya, ini bisa menjadi sasaran perawatan di masa depan. (Sumarni)


(LOV)