7 Manfaat Jalan-Jalan di Hutan Bagi Kesehatan Anda

Torie Natalova    •    Rabu, 03 Jun 2015 19:18 WIB
kesehatan
7 Manfaat Jalan-Jalan di Hutan Bagi Kesehatan Anda
Jalan-jalan di hutan bisa mengurangi stres. (Foto:sandstonetrail.com)

Metrotvnews.com, Jakarta: Apakah Anda tahu bahwa di Jepang memiliki sebuah kata untuk "Forest Bathing"? Itu adalah shinrin-yoku yang berarti berjalan ke dalam hutan menikmati udara, pemandangan, tumbuh-tumbuhan serta suara burung dan binatang yang tingga di sana.

Tak hanya baik untuk jiwa, berjalan-jalan di hutan ataupun taman yang dipenuhi tumbuhan juga memiliki manfaat bagi kesehatan. 

1. Bisa mencegah kanker
Sebuah bagian penting untuk membuat sistem kekebalan tubuh kita adalah NK (natural killer) sel yang dapat melawan kanker. Dr. Li dari Nippon Medical School di Tokyo mengatakan, berdasarkan sampel kecil dari beberapa orang yang tinggal 2-3 hari di hutan, sel NK meningkat luar biasa setelah satu bulan kemudian. Bahkan, perjalanan ke hutan dalam sehari bisa meningkatkan sel ini meski dalam jangka waktu yang lebih pendek.

2. Aroma hutan bisa mengurangi stres
Aroma dan bau memiliki efek kuat pada kesehatan dan emosi kita. Tampaknya, bau terkait erat dengan pusat emosi di otak kita. Inilah mengapa aroma tertentu bisa membangkitkan nostalgia atau emosi lain yang berkaitan dengan masa lalu kita. Stres kronis juga bisa berkurang saat berada lama di hutan. 

Kenapa demikian? Para ilmuwan mengatakan, pinus, cemara, dan pohon yang mengandung phytoncides membentuk minyak esensial dari berbagai tanaman dan pohon. Ini bisa mengurangi tingkat hormon stres kortisol.

3. Membantu mengatasi depresi
Berada dekat dengan pohon atau melihatnya berubah seiring perubahan musim bisa membantu orang yang merasa tertekan tinggal di kota.

4. Membuat otak bekerja lebih baik
Berjalan melalui kawasan hutan atau hijau dengan pohon-pohon telah ditemukan untuk membantu memori dan pembelajaran. Penelitian menunjukkan, anak-anak yang bermain di lingkungan hutan lebih baik dengan memiliki keterampilan kognitif juga ketangkasan dibanding anak-anak yang dididik dalam ruang tertutup.

5. Berjalan di hutan dapat menurunkan tekanan darah
Hutan dapat membantu menjaga tekanan darah Anda menurun. Peneliti melakukan sebuah tes di Jepang dimana mereka yang memiliki tekanan darah lebih rendah saat berjalan di kawasan hutan daripada di kota.

6. Dapat membantu orang yang kelebihan berat badan balik ke bentuk semula
Tubuh orang yang kelebihan berat badan bisa kembali ke bentuk semula dengan berhalan di wilayah hutan atau taman. Jalan-jalan di hutan jauh lebih sehat daripada melakukan latihan di pusat kebugaran.

7. Berjalan di hutan mengurangi kesepian
Berjalan-jalan di hutan atau taman adalah salah satu cara terbaik untuk mengatasi masalah kesehatan, mengurangi kesepian apalagi berjalan dengan orang lain. (Lifehack)


(LOV)