Keriaan Itu Bukan hanya Milik Warga Solo

Desi Angriani    •    Kamis, 04 Jun 2015 14:37 WIB
jelang pernikahan gibran-selvi
Keriaan Itu Bukan hanya Milik Warga Solo
Ibu Negara bersama putra sulung Gibrsn Rakabuming Raka dan Selvi duduk bersama untuk menjelaskan rencana pernikahan pa da awal Juni yang akan menggunakan tata cara adat tradisional Jawa.MI/Widjajadi

Metrotvnews.com, Jakarta: Perjamuan itu dijadwalkan 11 Juni. Putra pertama Presiden Jokowi, Ghibran Rakabuming Raka, akan menyunting Selvi Ananda, perempuan yang pernah menjadi Putri Solo.

Keriaan akan dihelat di Gedung Graha Sabha Buana, Solo, Jawa Tengah. Jokowi menyebar 4.000 undangan, itu belum termasuk 2.000 relawan pendukungnya saat maju dalam pilpres lalu.

Terbayang dong, betapa akan riuhnya pesta pernikahan Gibran-Selvi. Bisik-bisik, untuk memecah kerumunan di Gedung Graha, tetamu akan dibagi dalam empat gelombang: pagi, siang, sore, dan malam.


Gibran dan Selvi.MI/Widjajadi

Di balik hajatan itu, mungkin...sekali lagi mungkin, Jokowi menyimpan rasa tak enak di hati. Kenapa pesta cuma ada di Solo? Apa warga Jakarta tak boleh mengecapnya, padahal ia berkantor di Ibu Kota.

Apalagi, dalam tradisi Jawa, hajatan 11 Juni itu milik mempelai perempuan. Acara untuk manten pria namanya ngunduh mantu. Nah, mungkin berangkat dari rasa tak enak hati tadi, Jokowi mau menggelar ngunduh temanten di Ibu Kota.

Ya, kini Jokowi memang bukan monopoli Solo, meski presiden ke-7 Indonesia itu lahir di kota bersemboyan mulat sarira angrasa wani itu. Jokowi juga milik Jakarta, milik Indonesia.


Sejumlah tukang becak membawa poster bergambar Gibran-Selvi.ANT/Wahyu Putro

"Nanti setelah di Solo, Presiden ingin ada acara di Jakarta," kata anggota Staf Kepresidenan, Deputi IV Bidang Komunikasi Politik dan Diseminasi Informasi, Eko Sulistyo, di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (4/6/2015).

Jokowi belum menetapkan di mana acara memetik menantu diselenggarakan. Yang jelas, ia ingin perhelatan mengambil menantu sederhana, tidak semeriah di Solo.

"Nah biasanya, dalam konteks keluarga Jawa, ngunduh tadi akan lebih sederhana," terang Eko.

Prosesi pernikahan Gibran-Selvi berlangsung tiga hari, mulai 9 Juni dengan agenda lamaran. Pada 10 Juni malam digelar acara midodareni di rumah Jokowi di daerah Sumber. Puncak acara berlangsung 11 Juni, saat resepsi di Gedung Graha Sabha Buana.


Seorang panitia menunjukkan undangan pernikahan Gibran-Selvi.MI/Ferdinand

 


(ICH)