Festival Palang Pintu Kemang Suguhkan Kuliner dan Karnaval

Al Abrar    •    Sabtu, 06 Jun 2015 18:07 WIB
hut jakarta
Festival Palang Pintu Kemang Suguhkan Kuliner dan Karnaval
Festival palang pintu. (Foto:Al Abrar)

Metrotvnews.com, Jakarta: Festival budaya menjadi salah satu acara yang menarik bagi masyarakat, selain mengenal budaya lokal, perhelatan itu menjadi hiburan gratis bagi pengunjung.
 
Salah satunya Festival Palang Pintu X yang digelar di Jalan Kemang Raya, Jakarta Selatan. Tradisi budaya Betawi itu biasanya untuk menyambut tamu istimewa dan menjadi bagian prosesi pernikahan adat Betawi dengan menyuguhkan aksi bela diri silat dipadukan dengan pantun. Untuk menjaga kelestarian budaya tradisi itu kerap dilombakan.
 
Dalam festival tahunan ini, tak hanya lomba palang pintu yang diadakan, festival yang digelar 6-7 Juni itu juga menyuguhkan lomba tari nasional, parade unik bahan daur ulang hingga pemecahan rekor Muri pemakaian batu akik terbanyak.
 
Ketua penyelenggara Festival Palang Pintu X, Darussalam berharap festival tersebut dapat melestarikan budaya Betawi. "Alhamdulillah antusias peserta dan masyarakat meningkat setiap tahunnya," kata Darussalam saat berbincang dengan Metrotvnews.com, Sabtu (6/6/2015).
 
Untuk memanjakan pengunjung, pihaknya menyediakan 300 stan yang berdiri di sepanjang Jalan Kemang Raya. Mereka menjual berbagai macam kuliner, pakaian, hingga otomotif. "Ini bisa menjadi alternatif warga Jakarta untuk mengisi liburan. Apalagi acara ini hanya digelar satu tahun sekali,” kata Alam.


(FZN)