Pemerintah Kaji Sediakan Pulau Khusus Bagi Pengungsi Rohingya

Agus Josiandi    •    Minggu, 07 Jun 2015 23:06 WIB
rohingyapengungsi rohingya
Pemerintah Kaji Sediakan Pulau Khusus Bagi Pengungsi Rohingya
Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa. Foto: Antara/Trisnadi

Metrotvnews.com, Bangkalan: Menyikapi wacana penyediaan pulau khusus bagi pengungsi Rohingya, Kementerian Sosial masih mengkajinya.

“Masih butuh waktu untuk mengkaji itu," kata Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa, ditemui usai berkunjung ke Pondok Pesantren Al Anwar, Modung, Bangkalan, Madura, Jawa Timur, Minggu (7/6/2015).

Menurutnya, pulau khusus baru akan dikaji setelah pemerintah Indonesia memberi tempat yang layak bagi yatim piatu Rohingya. "Jika mereka (yatim piatu) sudah selesai, maka tugas kami tinggal memikirkan nasib pengungsi lain akan ditempatkan di mana," katanya.

Meski begitu, penempatan pengungsi Rohingya belum tentu di sebuah pulau khusus. Menurutnya, lokasi pengungsian kaum Rohingya yang ada saat ini masih tergolong layak.

“Lokasi yang sekarang masih tergolong layak jika dibandingkan lokasi pengungsian lain di luar negeri," katanya.

Sebelumnya, pemerhati hukum internasional dari Universitas Indonesia, Hikmahanto Juwana, menyarankan pemerintah menyediakan pulau khusus untuk menampung pengungsi Rohingya.

"Pulau khusus bisa digunakan untuk menampung sambil menyeleksi para pengungsi untuk ditempatkan di negara yang mau menerima. Keberadaan pulau khusus untuk memastikan agar kaum Rohingya tidak berbaur dengan warga setempat," kata Hikmahanto.
 


(UWA)