Razia Rokok, Satpol PP Incar Gedung DPRD DKI

Wanda Indana    •    Kamis, 11 Jun 2015 15:38 WIB
rokok
Razia Rokok, Satpol PP Incar Gedung DPRD DKI
Satpol PP razia perokok. (Foto:MI/Ramdani)

Metrotvnews.com, Jakarta: Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan menggelar razia rokok di kawasan Balai Kota. Mereka akan menyisir seluruh ruangan termasuk Gedung DPRD DKI Jakarta.
 
Wakil Kepala Satpol PP DKI Zulfan Royter mengaku, tidak akan pandang bulu menertibkan perokok di komplek Balai Kota, termasuk pimpinan dan anggota DPRD DKI yang sebagian besar merokok saat rapat Dewan. Namun Zulfan tidak mau mengungkapkan kapan razia digelar.
 
Wakil Gubernur DKI Jakarta, Djarot Saiful Hidayat mengatakan, sidak ini merupakan bentuk pelaksanaan Peraturan Daerah Tentang Pencemaran Udara pada tahun 2015. Perda ini diperkuat dengan Peraturan Gubernur (Pergub) 75 tahun 2005 dan Pergub 88 Tahun 2010 tentang kawasan dilarang merokok.
 
"Benar akan dilakukan razia, tapi jangan dikasih tahu kapan waktunya. Itu bukan sidak namanya. Ini akan berkala tapi tidak boleh disampaikan lebih dulu. Khususnya di gedung DPRD," ujar Djarot di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakara Pusat, kamis (11/6/2015).
 
Kawasan dilarang merokok berdasarkan peraturan tersebut adalah fasilitas kesehatan, tempat ibadah, instansi pendidikan, tempat kerja, tempat umum, dan angkutan umum.
 
Yayasan Lembaga Konsumen Indonesi juga membuka wadah pengaduan masyarakat melalui Twitter dengan nama akun @No_rokok dan Facebook AKTAR (Aliansi Konsumen Tanpa Asap Rokok). Melalui kedua akun tersebut, masyarakat bisa mengadu jika merasa dirugikan oleh asap rokok dari perokok di sekitar mereka.
 


(FZN)