Jelang Ramadan, Makanan Kedaluwarsa Ditemukan Beredar di Bangkalan

Agus Josiandi    •    Jumat, 12 Jun 2015 15:21 WIB
razia makananmakanan sehat
Jelang Ramadan, Makanan Kedaluwarsa Ditemukan Beredar di Bangkalan
Petugas mengecek makanan dan minuman yang beredar di pasaran di Bangkalan, Metrotvnews.com/ Agus Josiandi

Metrotvnews.com, Bangkalan: Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangkalan, Jawa Timur, menemukan makanan dan minuman kedaluwarsa di sejumlah minimarket juga swalayan di kabupaten tersebut. Petugas lalu mengamankan produk-produk tersebut.

Produk-produk tak layak konsumsi itu ditemukan pada sepekan menjelang bulan suci Ramadan, Jumat 12 Juni. Petugas menemukan izin edar produk-produk itu sudah tak berlaku. Mestinya, produsen memperpanjang izin tersebut.

Selain itu, beberapa produk rusak pada kemasannya. Sehingga, produk itu tak lagi bisa dikonsumsi.

"Semua produk kedaluwarsa akan kami amankan, dan akan kami pantau terus ke depan sehingga tidak terdapat kejadian serupa,”terang Kabag Perekonomian Pemkab Bangkalan, Moh Ghufron, dalam inspeksi mendadak (sidak) di sebuah minimarket di Jalan Moh Holil.

Sidak melibatkan Dinas Kesehatan, Dinas Perdagangan, Satpol PP, dan kepolisian. Dinas Kesehatan pun berencana memanggil produsen makanan.

"Sementara dengan teguran, untuk kemudian kita beri pengarahan agar segala ketentuan yang ada bisa dia jalani sebagaimana mestinya," jelas staf Bidang Makanan dan Minuman Dinas Kesehatan Bangkalan, Syafira Agustin.


(RRN)