Kasus Beras Plastik, Polisi Dalami Dugaan Kelalaian Sucofindo

Gana Buana    •    Senin, 15 Jun 2015 19:11 WIB
beras sintetis
Kasus Beras Plastik, Polisi Dalami Dugaan Kelalaian Sucofindo
Gedung Sucofindo. (Foto:MI/Adam DP)

Metrotvnews.com, Jakarta: Polri masih melanjuti kasus peredaran beras plastik yang menghebohkan warga beberapa waktu lalu. Saat ini Polri mempersempit penyelidikan dengan dugaan unsur kelalaian dalam pengungkapan kasus beras plastik yang dilakukan PT Sucofindo.
 
Berdasarkan hasil uji beberapa laboratorium, Pusat Laboratorium dan Forensik (Puslabfor) Polri, Institut Pertanian Bogor (IPB), Universitas Indonesia (UI), Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dan instansi lainnya tidak ditemukan kandungan plastik dari sampel beras yang diambil dari tukang nasi uduk dan pasar Mutiara Gading Bekasi. Hanya hasil lab PT Sucofindo yang positif senyawa plastik.
 
"Beras plastik sudah jelas, enam laboratorium mengatakan negatif. Hanya hasil uji laboratorium Sucofindo yang menyatakan positif," kata Kapolri Jenderal Badrodin Haiti, di Universitas Bhayangakara Kota Bekasi, Senin (15/6/2015).
 
Menurut dia, saat ini pihak kepolisian masih mendalami apakah ada unsur kekeliruan dalam hasil uji laboratorium PT Sucofindo. Sebab, kasus ini akan dilanjutkan dengan mencari kejanglapan di balik pengumuman yang menyatakan beras positif unsur plastik.
 
"Apakah ada unsur kelalaian, kesalahan prosedur, atau mungkin karena ada kesengajaan. Ini yang kita dalami," imbuhnya.
 
Badrodin mengatakan, bila ada unsur kesengajaan dalam kasus ini, pihaknya akan mengungkap motif pelaku. Namun, pihaknya akan mengungkap bentuk saksi setelah motif pelaku terungkap. "Nanti kita lihat dulu pelanggaran apa yang dibuat," imbuhnya.
 


(FZN)