Mahasiswa Sumedang Tagih Janji Jokowi

Ismail    •    Senin, 15 Jun 2015 20:34 WIB
aksi mahasiswa
Mahasiswa Sumedang Tagih Janji Jokowi
Sejumlah mahasiswa membakar ban di Jalan Cirebon-Bandung. Foto: Metrotvnews.com/Ismail

Metrotvnews.com, Sumedang: Puluhan mahasiswa dari HMI Sumedang, KAMMI Sumedang, BEM Kema Unpad, dan KAMMI UIN Sunan Gunung Djati Bandung, yang tergabung dalam aliansi mahasiswa untuk rakyat, melakukan aksi unjuk rasa di sela-sela kedatangan Presiden Joko Widodo ke Institut Pemerintahan Dalam Negeri, Jatinangor, Sumedang, Jawa Barat, Senin (15/06/2015).

Dalam aksi tersebut mahasiswa sempat memblokir Jalan Cirebon-Bandung serta membakar ban bekas. Kemacetan mengular dan mereka sempat bersitegang dengan pihak kepolisian.

Ketua HMI Sumedang, Wisnu Sentosa, mengatakan aksi dilakukan karena persoalan masih menggunung di Indonesia, terutama masalah ekonomi.

"Harga bahan pokok yang menjadi dasar pemenuhan kehidupan rakyat Indonesia beranjak naik. Mata uang rupiah yang terus melemah menuju Rp13.384 per dollar Amerika," ujar Wisnu kepada metrotvnews.com, Senin (15/6/2015).

Mahasiswa juga mempertanyakan konsep Nawa Cita yang diwacanakan pasangan Jokowi dan Jusuf Kalla. "Nampaknya tidak berjalan dengan baik, seperti perlindungan warga negara, tata kelola pemerintahan yang baik, kedaulatan, stabilitas ekonomi, revolusi karakter bangsa, dan restorasi budaya," sebutnya.

Mahasiswa juga mempertanyakan pemenuhan hak masyarakat. Mereka melihat kebijakan relokasi warga Jatigede (Sumedang) akibat pembangunan waduk Jatigede dinilai tidak sepadan.


(UWA)