Toyota Etios Valco Dijual Mulai Rp135-161 Juta

- 11 Maret 2013 16:51 wib
MTVN/Chadie
MTVN/Chadie

Metrotcnews.com, Jakarta: Untuk mengisi segmen hatchback Toyota yang masih kosong di antara Yaris dan Agya (meskipun model ini belum diluncurkan) PT Toyota Astra Motor (TAM) meluncurkan produk terbaru Etios Valco yang merupakan produksi PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN).

President Director TAM Johnny Darmawan mengatakan bahwa meskipun memiliki basis yang sama dengan Etios yang diluncurkan di India, Etios Valco telah dikembangkan untuk menyesuaikan dengan kondisi, kebutuhan, dan karakter konsumen di Indonesia.

Ia juga memaparkan alasan TAM meluncurkan Etios Valco karena melihat pertumbuhan kendaraan di segmen hatchback di Indonesia mengalami pertumbuhan yang sangat luar biasa.

"Sesuai janji kami untuk menyediakan line up lengkap di semua segmen Toyota, Etios Valco mengisi kekosongan di antara Agya dan Yaris di segmen hatchback," ujar Johnny Darmawan di acara peluncuran Etios Valco di Senayan City, Jakarta, Senin (11/3).

Dengan hadirnya Etios Valco, sambung Johnny, Toyota memiliki Agya, Etios, Yaris dan Prius.

Johnny juga menegaskan meskipun ia di tempatkan di bawah Yaris, Low Hatchback, demikian sebutan Johnny untuk hatchback barunya, Etios Valco dirancang untuk menyajikan kenyamanan dan keamanan tertinggi di kelasnya, sesuai dengan namanya yang merupakan kependekan dari Value dan Comfort.

Hal ini bisa dilihat dari ukuran wheelbase Etios yang hanya berselisih sedikit mendekati Toyota Yaris yang artinya, ia memiliki jarak sumbu roda lebih panjang dibandingkan kompetitor di segmen yang sama sehingga unggul dalam handling dan kenyamanan.

Dampak lainnya yang menerpa sektor kenyamanan adalah dengan tersajinya ruang penumpang terluas di kelasnya, jarak pijak ke tanah yang cukup tinggi untuk menghadapi banjir dan 'polisi tidur'.

Keunggulan lainnya hadir lewat fitur-fitur yang lebih lengkap. Selain dual airbag standar dengan pre-tensioner & force limiter, Etios Valco juga dipersenjatai rem ABS - EBD untuk model tertingginya (G).

Hatchback Low ini ditawarkan dalam satu pilihan mesin terbaru dengan kapasitas 1.2 liter empat silinder berkode 3NR-FE DOHC 16 Valve yang mampu menghasilkan 80 PS pada 5.600 rpm dengan kekuatan puntir sebesar 104 Nm pada 3.100 rpm dengan transmisi manual 5-speed.

Etios Valco sendiri ditawarkan dalam tiga tipe yaitu J, E dan G dengan banderol harga mulai Rp135 juta hingga Rp161 juta.

()

MOTOR
MOBIL
MODIFIKASI
TIPS

Mata Najwa: Melawan Arus

02 September 2014 21:09 wib

Mata Najwa: Perbedaan pendapat merupakan hal yang umum terjadi dan dijamin kebebasannya dalam UU negara. Namun ternyata di negara demokratis ini, perbedaan pendapat dan pandangan justru sulit diterima di sejumlah partai politik.  Sejumlah anggota yang memilih untuk melawan arus, harus menghadapi resiko menerima sanksi.  Reformasi dalam partai politik pun seakan tak berbunyi. Sebagai pilar demokrasi, partai politik malah jadi sumber masalah. Kaderisasi tak berjalan, hanya mencari kawan yang sepaham, sementara idealism tak lagi diusung ke depan.   Namun sikap para politikus pun harus ditelaah.  Apakah keberpihakan mereka memang sungguh mengikuti hati nurani, mendengar suara rakyat dan idealisme atau hanya membungkus sikap pragmatis. Mata Najwa mengundang politikus senior Lily Wahid yang pernah membuat gebrakan di PKB. Lily melawan kebijakan partai saat duduk di kursi DPR, menggugat kasus Century dan mengusung hak angket mafia pajak. Serta Yusuf Supendi yang terus mengkritisi ketidak-adilan elit partai yang didirikannya, PKS. Dari jalur politik terkini, hadir pula sebagai narasumber politikus partai Demokrat, Ruhut Sitompul, politikus partai Gerindra, Harris Indra dan politikus partai Golkar, Nusron Wahid. Ketiganya menghadapi situasi yang berbeda-beda, meski sama-sama melawan arus kebijakan partainya dengan mendukung Jokowi. Pengamat politik, Yunarto Wijaya juga hadir untuk memberikan gambaran mengenai kondisi partai politik Indonesia saat ini.  Saksikan selengkapnya hanya di Mata Najwa, Rabu 3 September 2014 pukul 20:05 WIB di Metro TV.