Cara Ampuh Menangkal Bau Mulut Saat Puasa

Nia Deviyana    •    Kamis, 18 Jun 2015 09:56 WIB
kesehatanpuasa
Cara Ampuh Menangkal Bau Mulut Saat Puasa
Berkumur dengan mouthwash bisa mengurangi bau mulut. (Foto:theguardian.com)

Metrotvnews.com, Jakarta: Bau mulut menjadi salah satu masalah yang sering dikeluhkan banyak orang saat berpuasa. Yang menjengkelkan, bau mulut tak hilang meski telah menyikat gigi.

Menurut dr. Rizal Al Idrus, bau mulut disebabkan oleh berbagai faktor, beberapa di antaranya seperti adanya karang gigi, menderita sariawan, mulut kering, atau salah mengonsumsi makanan. Untuk itu, menjaga kesehatan gigi dan mulut menjadi kunci untuk menghindari masalah bau mulut. 

"Setelah sikat gigi, pastikan kita juga berkumur pakai mouthwash (obat kumur). Mouthwash bisa membantu mengangkat bakteri di dalam rongga mulut. Bakteri-bakteri ini yang membuat napas menjadi tidak sedap," saran dia.

Selain itu, menurutnya cara lain yang tak kalah penting untuk menangkal bau napas yang tak sedap saat puasa yakni dengan memperhatikan asupan makanan yang dikonsumsi.

"Sebisa mungkin lebih banyak konsumsi sayuran dan buah. Kurangi makan daging atau makanan yang mengandung gas. Susu juga bisa memperparah bau mulut kalau tidak disertai dengan mengonsumsi buah," pungkasnya.


(LOV)