Stok Bahan Pokok Aman, Pemerintah Jamin Harga Stabil

Eko Nordiansyah    •    Jumat, 19 Jun 2015 16:40 WIB
bahan pokok
Stok Bahan Pokok Aman, Pemerintah Jamin Harga Stabil
Ilustrasi -- FOTO: MI/Atet Dwi Permana

Metrotvnews.com, Jakarta: Pemerintah terus melakukan identifikasi dan pantauan lapangan secara langsung serta rapat-rapat koordinasi dengan instansi/lembaga dan asosiasi terkait untuk menjaga harga barang kebutuhan pokok.

Menteri Perdagangan (Mendag) Rachmat Gobel mengatakan, jika harga barang kebutuhan pokok di pasar tradisional masih relatif stabil. Meakipun ada beberapa komoditas yang mengalami kenaikan harga di pasar.

"Yang naik adalah cabai merah keriting 11,79 persen, daging ayam ras 4,74 persen, dan daging sapi 4,02 persen, yang cenderung naik akibat permintaan yang meningkat pada awal bulan puasa," kata Rachmat Gobel, di Kantor Kemenkominfo, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Jumat (19/6/2015).

Menurut dia, untuk cabai, Kementan serta asosiasi petani/pedagang memastikan bahwa dalam waktu dekat akan ada pasokan hasil panen di daerah Banyuwangi, Blitar, Jember, Kulonprogo, Magelang, dan Lampung. "Diharapkan harga dalam minggu ke dua bulan puasa akan mengalami penurunan," lanjut dia.

Selain itu, komoditas yang stabil dengan kenaikan di kisaran 0,08 persen hingga dua persen adalah gula pasir 0,08 persen, tepung terigu 0,79 persen, kedelai lokal 0,74 persen, dan telur ayam ras dua persen. Sementara yang turun adalah minyak goreng curah 0,18 persen, kedelai impor 0,54 persen, cabai rawit merah 2,77 persen, dan bawang merah 3,97 persen.

Khusus untuk bawang merah, Rachmat mengatakan, harga saat ini telah jauh mengalami penurunan dibanding harga pada minggu pertama Juni 2015 yang mencapai Rp37.000 per kilogram (kg) karena telah terjadi panen di Brebes, Cirebon, Nganjuk, dan Bima.

"Stok barang kebutuhan pokok di seluruh provinsi cukup untuk kebutuhan puasa dan Lebaran 2015, di mana stok atau pasokan dalam posisi memenuhi kebutuhan satu sampai dengan lima bulan ke depan," pungkasnya.


(AHL)