Tes Internal AMD: Fury X Pecundangi NVIDIA 980 Ti

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Jumat, 19 Jun 2015 20:05 WIB
amd
Tes Internal AMD: Fury X Pecundangi NVIDIA 980 Ti
VGA buatan AMD memiliki bodi yang relatif lebih kecil. (Ars Technica)

Metrotvnews.com: Pada Computex yang diadakan pada awal bulan Juni lalu, Nvidia meluncurkan sebuah kartu grafis baru, yaitu GeForce 980 Ti. Dan pada pameran E3 pekan lalu, AMD memperkenalkan Fury X sebagai tandingannya. Inilah kartu grafis perdana AMD yang telah menggunakan teknologi HBM (High Bandwidht Memory).

Pada hari ini, Jumat (19/6/2015), AMD telah merilis hasil benchmark dari Fury X. Berdasarkan hasil tersebut, terlihat jelas bahwa Fury X berhasil mengalahkan Nvidia GTX 980 Ti, yang berarti Fury X mungkin berada di kelas yang sama dengan Titan X milik Nvidia, dengan selisih harga yang sangat jauh.

Inilah tabel spek lengkap dari Fury X.



Seperti yang dapat Anda lihat pada tabel di atas, Fury X memiliki kecepatan komputasi 8,6 TFLOPS sementara 980 Ti hanya memiliki kecepatan komputasi 5,3 TFLOPS. Selain itu, Fury X juga memiliki kecepatan GPU yang lebih cepat dan bandwidth memori super besar, yaitu pada 512 GB/s.

Selain itu, teknologi HBM memungkinkan AMD untuk membuat GPU dengan bandwidth lebih besar, tetapi menggunakan daya yang lebih rendah dari VGA yang menggunakan teknologi GDDR5.

Selain daya yang lebih rendah, penggunaan HBM juga memungkinkan AMD untuk membuat VGA dengan ukuran 19x lebih kecil dari VGA yang menggunakan GDDR5. Karena itulah, Fury X memiliki bodi yang relatif kecil untuk sebuah VGA high-end.



Gambar di atas adalah hasil pengetesan Fury X dan 980 Ti menggunakan Firestrike Ultra yang ada pada 3DMark. Dan seperti yang Anda lihat, Fury X dan Nvidia 980 Ti memiliki nilai yang tak berbeda jauh, dengan keunggulan di pihak AMD. Firestrike Ultra biasanya digunakan untuk menghitung raw power dari sebuah VGA.

Tetapi, saat AMD mencoba melakukan pengujian dengan menggunakan keduanya untuk bermain game, Anda akan melihat bahwa Fury X dapat mengungguli performa 980 Ti dengan jarak yang cukup jauh. Hal ini tetap berlaku bahkan game yang digunakan untuk pengujian adalah game yang konfigurasinya disesuaikan untuk memaksimalkan performa VGA buatan Nvidia, seperti The Witcher 3, Far Cry 4 dan Assassin's Creed Unity. 

Inilah tabel perbandingan performa antara Fury X dan 980 Ti. Semua game dimainkan dengan pengaturan Very High atau Ultra.



Fury X sendiri adalah sebuah VGA dengan fitur pendingin cair, sementara 980 Ti masih memilih sistem pendingin udara. Karena itu, perbedaan performa yang cukup jauh adalah hal yang wajar. Meskipun begitu, keduanya memiliki harga yang sama, yaitu USD649. Satu kelebihan lain yang dimiliki Fury X adalah karena ia memiliki bodi yang lebih kecil.

Selain Fury X, AMD juga akan meluncurkan R9 Fury, VGA high-end lain yang akan memiliki spek yang mirip dengan Fury X tetapi menggunakan sistem pendingin udara.

Sebagai informasi, AMD akan meluncurkan Fury X di Indonesia pada 29 Juni nanti. Pengujian di lab AMD bisa saja berbeda dengan penggunaan pribadi Anda, atau kami. Kami sendiri akan menguji kartu grafis ini di lab Metrotvnews.com dan memaparkan hasilnya untuk Anda. (Forbes)


(ABE)