Sambut Musim Mudik, Polri Mulai Susun Strategi

Githa Farahdina    •    Senin, 22 Jun 2015 12:28 WIB
ramadan 2015
Sambut Musim Mudik, Polri Mulai Susun Strategi
Kapolri Jenderal Pol Badrodin Haiti--MI/Arya Manggala

Metrotvnews.com, Jakarta: Polri mulai mempersiapkan strategi untuk mengamankan arus mudik Lebaran 2015. Korlantas Polri menggelar  Rapat Koordinasi Teknis (Rakornis) di PTIK, Jakarta Selatan.

Menurut Kapolri Jenderal Badrodin Haiti, pihaknya sedang mematangkan kesiapan dalam rangka pengamanan dan pelaksanan Operasi Ketupat arus mudik dan balik.

"Tentu dengan adanya Tol Cipali itu kan kemacetan bisa bergeser dan menumpuk di Jateng, mulai dari Brebes, Tegal Batang, Pekalongan, dan seterusnya. Ini harus diantisipasi," kata Badrodin di PTIK, Jakarta Selatan, Senin (22/6/2015).

Namun, sikap antisipasi Polri tak serta merta membuat jalur Jawa Barat, bebas macet. Badrodin tak mau kemacetan masif terjadi dan membuat pemudik terhambat serta tak nyaman di perjalanan.

"Upayakan perencanaan sebaik mungkin, kalau diperlukan tambahan kekuatan, kita tambah kekuatannya," tambah Badrodin.

Pihak kepolisian pun akan menambah pos polisi. Kapolri sudah memerintahkan Kakorlantas Irjen Condro Kirono mensurvei daerah yang paling banyak terjadi kecelakaan.

"Kecelakaan terbanyak, 70 persen itu sepeda motor. Harus disurvei berapa jam pengendara motor harus istirahat, tempat istirahat harus disiapkan," tegas Kapolri.

Jangan sampai, tambah Badrodin, pemudik yang tak menemukan tempat istirahat akhirnya beristirahat di pinggir jalan.


(YDH)