Dugaan Pengaturan Skor di Sepak bola

Menpora Imbau DPR Juga Bahas Perkara Mafia Sepak Bola

Kautsar Halim    •    Rabu, 24 Jun 2015 05:20 WIB
liga indonesia
Menpora Imbau DPR Juga Bahas Perkara Mafia Sepak Bola
Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi (Foto: MTVN /Patrick)

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi menilai perkara mafia sepak bola lebih penting ketimbang masalah kepengurusan Persatuan Sepak bola Seluruh Indonesia (PSSI) pada saat ini. Pembahasan seputar mafia bola pun akan ia prioritaskan saat menggelar rapat kerja (raker) dengan Komisi X DPR RI, Rabu 24 Juni pukul 13.00 WIB.

"Saya akan mengajak DPR tak melulu mengurus PSSI saja. Masih banyak hal lain yang perlu dibedah dari sepak bola. " ujar Imam saat jumpa pers di kantor Kemenpora, Selasa (23/6/2014). 

"Sekarang kita tahu mafia sepak bola sedang ramai dibongkar oleh salah satu organisasi masyarakat. Jadi, sebaiknya kita tidak dorong keinginan mereka untuk untuk menciptakan sepak bola Indonesia yang bersih dan berintegritas," tambahnya.

Kasus pengaturan skor yang melibatkan timnas Indonesia dan sejumlah klub di tanah air muncul ke permukaan setelah seseorang berinisial BS sebagai pelaku memberikan laporan ke Bareskrim Mabes Polri, Selasa 16 Juni. BS yang didampingi oleh sejumlah lembaga bantuan hukum melaporkan tentang adanya tindak pidana penyuapan di beberapa kasus persepakbolaan Indonesia dalam kurun tahun 2000 hingga 2015.

Dalam laporan polisi yang dibuat pukul 15.00 WIB, Selasa 16 Juni,  disebutkan penyuapan pada periode 2000-2010 menggunakan dana Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD). Sedangkan dana penyuapan periode 2010-2015 berasal dari investor asal Malaysia berinisial DAS.

BS melaporkan manajer klub, pemain, dan beberapa pengurus PSSI  yang diduga melakukan pengaturan skor. BS yang mengaku turut terlibat juga bersedia dikenakan tindak pidana oleh kepolisian karena sebagai salah satu pelaku yang melakukan pengaturan skor.

Tim advokasi BS juga memperdengarkan rekaman perbincangan pengaturan skor pertandingan timnas Indonesia U-23 di SEA Games 2015 antara BS dengan seseorang yang diduga bandar judi atau investor dari Malaysia.


(HIL)