10 Fakta Menarik Tentang Pemain Baru Liverpool Roberto Firmino

Achmad Firdaus    •    Rabu, 24 Jun 2015 16:13 WIB
liverpool fcbursa transfer pemain
10 Fakta Menarik Tentang Pemain Baru Liverpool Roberto Firmino
Roberto Firmino (Foto: Google Images)

Metrotvnews.com, Liverpool: Liverpool baru saja mengumumkan berhasil merekrut Roberto Firmino dari Hoffenheim. Kehadiran gelandang serang asal Brasil ini diharapkan bisa kembali mendongkrak performa The Anfield Gank yang menurun di musim lalu.

Rabu 24 Juni 2015, Liverpool melalui akun twitternya mengonfirmasi bahwa mereka telah resmi meminang Firmino dari Hoffenheim. Gelandang 23 tahun itu disebutkan bersedia menandatangani kontrak jangka panjang, dan akan segera menjalani tes medis usai membela Timnas Brasil yang saat ini tengah bertarung di Copa America 2015 di Cile.

Soal nilai kontrak, Liverpool enggan membeberkan secara terbuka. Namun, menurut isu yang berembus kubu The Kop merogoh kocek hingga 40 juta euro (29 juta poundsterling) untuk melabuhkannya ke Anfield.

Lantas, apa yang jadi dasar Liverpool berani menggelontorkan dana sebegitu besar untuk Firmino? Berikut 10 fakta yang mungkin bisa menggambarkan kualitas pemain bernama lengkap Roberto Firmino Barbosa de Oliveira ini.

1. Roberto Firmino lahir di Maceio, 2 Oktober 1991. Kota tempat kelahirannya sama dengan kota kelahiran legenda sepak bola Brasil, Mario Zagallo yang sukses merebut tiga titel Piala Dunia (dua kali sebagai pemain, dan sekali sebagai manajer).

2. Meski mencatatkan debut profesionalnya bersama Figueirense, Firmino menimba ilmu sepak bola di Clube de Regates Brasil, sebuah klub amatir di kampung halamannya. Sebelum merantau ke Eropa bersama Hoffenheim, Firmino juga sempat bermain untuk Tonbense FC.

3. Pada musim penuh pertamanya di Figueirense, Firmino yang baru berusia 19 tahun, turut berkontribusi mengantar Figueirense yang berlaga di Serie B, promosi ke kasta tertinggi sepak bola Brasil (Serie A). Ia mencetak delapan gol dari total 36 laga yang dimainkannya.

4. Gol pertama Firmino di Eropa merupakan gol penentu kemenangan. Ia mencetak gol semata wayang saat Hoffenheim menang 1-0 kontra Eintracht Frankfurt pada April 2011.

5. Pada musim keempatnya (terakhir) di Bundesliga, Firmino mencatatkan statistik menakjubkan. Ia mencetak 16 gol dalam 33 laga. Torehan itu membuatnya merebut penghargaan sebagai pemain paling meroket pada musim 2013--2014.

6. Di musim tersebut, Firmino juga terlibat dalam 12 gol yang dicetak rekan-rekannya. Jumlah itu membuatnya berada di urutan dua daftar pencetak assist terbanyak di Bundesliga.

7. Firmino memainkan debutnya di Timnas Brasil ketika berhadapan dengan Turki pada laga uji coba 12 November 2014. Sementara gol perdananya dicetak enam hari berselang, ketika Selecao berhadapan dengan Austria.

8. Firmino merupakan pemain yang bugar. Dia tidak memiliki riwayat cedera yang mengkhawatirkan. Dalam tiga musim terakhir, Firmino konsisten bermain sebanyak 33 laga dari total 34 laga di tiap musimnya.

9. Inggris sepertinya cukup bersahabat bagi Firmino. Pasalnya, ia mencetak satu gol saat Brasil berhadapan dengan Cile pada laga persahabatan di Stadion Emirates, London, Maret lalu.

10. Jika dijumlahkan antara torehan gol dan assist yang diciptakannya, Firmino terlibat dalam 45 gol dari total 66 laga yang dimainkannya di Bundesliga.



(ACF)