VW Berminat Dirikan Pabrik di Sumut

- 20 Maret 2013 20:41 wib
Metrotvnews.com/ip
Metrotvnews.com/ip

Metrotvnews.com, Medan: Volkswagen berminat mendirikan pabrik perakitan mobil di Sumatra Utara. Perusahaan mobil asal Jerman itu menilai Sumut memiliki potensi besar.

"Sumatra Utara dianggap potensial mengingat investasi di Pulau Jawa sudah terlalu mahal," kata Duta Besar (Dubes) Jerman untuk Indonesia, Georg Witschel, saat bertemu dengan Sekretaris Daerah Provinsi Sumut H. Nurdin Lubis di Kantor Gubernur, Medan, Rabu (20/3).

Saat ini, menurut Witschel, VW sudah memiliki pabrik perakitan mobil di China dan berencana membangun satu pabrik perakitan di Indonesia.

"Volkswagen, Mercedes, dan BMW sudah punya pabrik perakitan di China. Di Indonesia pasar mobil besar, namun belum ada pabrik perakitannya. Saat ini, VW berpikir untuk investasi di Indonesia," ujarnya.

Witschel menyebutkan, dalam memilih lokasi investasi, VW mempertimbangkan berbagai syarat. Di antaranya adalah adanya pelabuhan yang memenuhi syarat, cukup energi listrik, tenaga kerja tidak mahal, dan ketersediaan tenaga ahli.

"Ketika perusahaan VW merakit mobilnya di daerah ini, mereka juga mempertimbangkan kelancaran distribusi produk tersebut,"  kata Dubes Jerman.

Sementara itu, Sekda Provinsi Sumut H. Nurdin Lubis mengatakan pihaknya sangat antusias dengan apa yang disampaikan oleh Dubes Jerman. Nurdin didampingi Kepala Badan Penanaman Modal dan Promosi Sumut Purnama Dewi dan Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi Sumut Jumsadi Damanik.

"Kami membuka seluasnya kemudahan investasi bagi swasta asing di Sumut, termasuk dari Jerman,"  kata Nurdin.

Sumut, lanjut dia, cukup potensial menjadi lokasi investasi. Terlebih, Sumut dengan mengembangkan proyek pusat pertumbuhan Indonesia bagian Barat melalui program MP3EI (Masterplan Percepatan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia).

Di Sumut, kata Nurdin, sedang dikembangkan Kawasan Ekonomi Khusus Sei Simangke Kabupaten Simalungun yang akan didukung dengan infrastruktur transportasi yang terkoneksi. Demikian pula, Kabupaten Batubara berinisiatif membuat kawasan industri menyikapi pembangunan Pelabuhan Laut Internasional Kuala Tanjung di daerah tersebut.

"Dengan dukungan infrastruktur yang baik, Sumut merupakan daerah yang tepat bagi tujuan investasi," kata Nurdin. (ANT)

()

MOTOR
MODIFIKASI
TIPS

Siapa Mau Jadi Menteri (7)

20 Agustus 2014 22:39 wib

Mata Najwa, Rabu (120/08/2014): Mata Najwa episode kali ini membahas tema 'Siapa Mau Jadi Menteri'. Hadir di Mata Najwa kali ini Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, Menteri Kesehatan Nafsiah Mboi, Menteri BUMN Dahlan Iskan.