Jelang MotoGP Belanda

Rossi Punya Catatan Bagus di Assen

Achmad Firdaus    •    Rabu, 24 Jun 2015 17:07 WIB
motogp 2015
Rossi Punya Catatan Bagus di Assen
Valentino Rossi di garasi Yamaha jelang MotoGP Jerez (Foto: AFP/JORGE GUERRERO)

Metrotvnews.com, Amsterdam: Optimisme tinggi diusung Valentino Rossi jelang seri MotoGP Belanda di Sirkuit Assen, Sabtu 27 Juni 2015. Pasalnya, ia kerap meraih hasil bagus di sirkuit yang memiliki panjang 4,5 km ini.

MotoGP Belanda akhir pekan ini akan jadi balapan ke-15 Rossi di Sirkuit Assen selama tampil di kelas premier. Dari 14 race yang sudah dilakoninya, The Doctor sukses mencatatkan enam kemenangan. Jumlah itu membuatnya menyamai torehan legenda MotoGP, Giacomo Agostini sebagai pembalap dengan jumlah kemenangan terbanyak di Assen (6 kali).

Jika berhasil memenangi balapan nanti, Rossi akan memecahkan rekor Agostini dan tampil sebagai satu-satunya pembalap yang sukses meraih enam kemenangan di Assen.

"Saya menyukai sirkuit Assen, itu adalah sirkuit yang indah. Di masa lalu, saya menjalani balapan yang bagus di sana, dan biasanya performa motor juga sangat baik. Jadi, ini akan jadi balapan yang penting," kata Rossi.

Untuk meraih kemenangan di Assen, Rossi memastikan itu bukan perkara mudah karena persaingan musim ini diakuinya sangat ketat. Terlebih, rekan setimnya Jorge Lorenzo sedang berada di puncak performa menyusul kemenangannya di empat balapan terakhir.

"Saya yakin, para rival akan melakukan apapun yang mereka mampu untuk bersaing memperebutkan kemenangan, dan kami harus tetap mewaspadai mereka," tutupnya.

Rossi memang harus bekerja ekstra keras di Assen jika tak ingin posisinya sebagai pemuncak klasemen pembalap tergusur. Saat ini, Rossi yang mengumpulkan 138 poin, hanya unggul satu angka dari Jorge Lorenzo yang berada di posisi dua. (Crash)

Berikut catatan bagus Rossi di Assen:
2002: Juara 1 (Honda)
2004: Juara 1 (Yamaha)
2005: Juara 1 (Yamaha)
2007: Juara 1 (Yamaha)
2009: Juara 1 (Yamaha)
2013: Juara 1 (Yamaha)


(ACF)