Dirjen Pajak Pastikan PP PPN Tol Segera Terbit

Suci Sedya Utami    •    Rabu, 24 Jun 2015 17:13 WIB
ppn jalan tol
Dirjen Pajak Pastikan PP PPN Tol Segera Terbit
Ilustrasi (ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari)

Metrotvnews.com, Jakarta: Direktur Jenderal (Dirjen) Pajak Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Sigit Priadi Pramudito menyatakan, pihaknya telah memberikan draf Peraturan Pemerintah (PP) terkait implementasi Pajak Pertambahan Nilai (PPN) 10 persen untuk jalan tol pada Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Sudah. Sudah diberikan ke Presiden (Jokowi) drafnya," kata Sigit, ditemui di Kementerian Keuangan, Jakarta Pusat, Rabu (24/6/2015).

Sigit mengatakan, PP soal penerapan pajak jalan tol 10 persen bakal segera keluar, dan tinggal menunggu tanda tangan dari Presiden Jokowi. Sayangnya, dia masih belum dapat memastikan pemberlakuan pajak tersebut. "Sebentar lagi PP PPN tol akan keluar. (Penerapannya) tergantung Presiden menandatangani PP-nya," ujar dia.

Sebelumnya, implementasi PPN tol ini tertunda karena Peraturan Dirjen Pajak terkait hal ini dicabut, karena dirasa tidak tepat waktu penerapannya. Para pengusaha juga merasa terbebani dengan adanya tarif PPN tol ini.

Dalam hal ini, Sigit mengaku telah berdialog dengan para pengusaha dalam penetapan tarif PPN jalan tol bagi kendaraan tertentu tersebut. "Intinya untuk mobil-mobil besar (golongan II) yang mengangkut kebutuhan rumah tangga, tolong jangan dikenakan karena itu akan berdampak pada kenaikan harga. Tapi untuk mobil pribadi, oke," papar dia.

Lebih jauh Sigit menjelaskan, penerapan tarif PPN jalan tol 10 persen akan bersamaan dengan rencana kenaikan tarif tol dari PT Jasa Marga Tbk. Setiap ruas tol mengalami kenaikan pada bulan-bulan berbeda.


(ABD)