Jelang MotoGP Belanda

Rossi & Lorenzo Jajal Sasis Baru, Marquez Kembali ke Sasis Lawas

Achmad Firdaus    •    Kamis, 25 Jun 2015 14:42 WIB
motogp 2015
Rossi & Lorenzo Jajal Sasis Baru, Marquez Kembali ke Sasis Lawas
Valentino Rossi (kiri) berpotensi tampil lebih gahar dengan menggunakan sasis baru dari Yamaha (Foto: AFP/JOSEP LAGO)

Metrotvnews.com, Assen: Dua pembalap Movistar Yamaha, Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo akan menjajal sasis baru dalam persiapannya tampil di MotoGP Belanda, akhir pekan ini. Kebalikannya, rival Rossi dan Lorenzo, Marc Marquez justru memilih menggunakan sasis lawas.

Jelang balapan di Sirkuit Assen, Sabtu 27 Juni 2015, Tim Yamaha berinisiatif untuk menjajal sasis baru yang telah mereka gunakan pada sesi uji coba di Aragon, beberapa waktu lalu.

Sasis baru ini diklaim akan mengatasi masalah yang beberapa tahun ini dirasakan para pembalap Yamaha, yakni kesulitan saat memasuki tikungan. Dengan sasis baru ini, Rossi dan Lorenzo diharapkan bisa lebih mudah atau mulus ketika masuk dan keluar tikungan.

Sasis baru ini akan dicoba Rossi dan Lorenzo pada sesi latihan pertama atau free practice I hari ini, Kamis 25 Juni 2015. Jika sasis ini dirasa cocok dan mampu meningkatkan kinerja motor, kemungkinan besar sasis baru ini akan digunakan pada saat balapan nanti.

Jika kubu Yamaha sangat menggebu dan optimistis dengan sasis barunya, kubu Honda justru memilih meninggalkan sasis barunya. Pembalap andalan Marc Marquez memilih menggunakan sasis yang ia gunakan pada MotoGP 2014 untuk balapan di Assen.

Marquez mengklaim sasis yang ia gunakan pada 2014 lebih stabil dan mudah dikendalikan ketimbang sasis 2015. Marquez tak menampik, sasis 2015 membuatnya bisa tampil lebih cepat dalam satu lap. Namun, ia merasa sasis tersebut sangat sensitif, sehingga jika ia melakukan sedikit kesalahan, risikonya terjatuh seperti yang dialami Marquez pada dua seri balapan musim ini.

Nah, dengan sasis 2014 yang diklaimnya lebih bersahabat, Marquez berharap bisa kembali tampil kompetitif dan kembali mendulang poin demi mengejar selisih dengan dua pesaing utamanya, Jorge Lorenzo dan Valentino Rossi.

Seperti diketahui, Marquez gagal mencetak poin di tiga seri dari total tujuh balapan yang digelar musim ini. Imbasnya, juara dunia dua musim terakhir ini sementara masih tercecer di urutan lima klasemen sementara pembalap dengan 69 poin. The Baby Alien terpaut jauh di belakang Jorge Lorenzo (137 poin) dan sang pemuncak klasemen, Valentino Rossi dengan 138 angka. (Crash)


(ACF)