Yen Turun, Toyota Tingkatkan Produksi

   •    Senin, 25 Mar 2013 12:55 WIB
Yen Turun, Toyota Tingkatkan Produksi
REUTERS/Wolfgang Rattay

Metrotvnews.com: Produsen otomotif asal Jepang, Toyota Motor, berencana untuk meningkatkan produksi domestik pada periode April hingga September mendatang.

Peningkatan ini ditargetkan mencapai sekitar 10% dari perkiraan semula, menyusul pelemahan nilai tukar Yen saat ini.

Toyota sebelumnya telah merevisi rencana produksi April dan Mei menjadi 13.000 hingga 13.500 kendaraan perhari dan berencana untuk mempertahankan produksi pada angka tersebut hingga September mendatang, demikian diberitakan harian bisnis Nikkei.

Produksi domestik selama sembilan bulan hingga September ini diharapkan bisa mencapai 2,5 juta unit, lebih besar 200.000 unit dari rencana awal.

Disebutkan juga bahwa perusahaan ini mungkin juga akan merevisi perkiraan produksi tahunan menjadi sekitar 3,1 juta unit.

Peningkatan ini didorong oleh pelemahan mata uang Yen. Mata uang Jepang itu melemah terhadap nilai tukar mata uang asing utama dalam beberapa bulan terakhir.

Jepang sebelumnya memilih tim manajemen baru di bank sentral, yang diperkirakan akan meluncurkan kebijakan agresif yang ditujukan untuk memperbaiki ekonomi Jepang yang tengah lesu.

Pelemahan mata uang Yen saat ini juga dipandang sebagai pendorong ekspor Corolla dan Prius ke Amerika Utara temasuk kendaraan untuk pasar Timur Tengah.(BBC)