Ini Empat Kriteria Calon Komisioner Komisi Yudisial

Annisa ayu artanti    •    Minggu, 28 Jun 2015 17:09 WIB
komisi yudisial
Ini Empat Kriteria Calon Komisioner Komisi Yudisial
Seorang petugas melintas di depan gambar timbangan sebagai lambang keadilan di Kantor Komisi Yudisial (KY) di Jakarta. Foto:Antara/Andika Wahyu.

Metrotvnews.com, Jakarta: Bertepatan dilakukannya seleksi calon anggota Komisioner Komisi Yudisial (KY), Koalisi Posko Pemantau Peradilan (KPP) mengidentifikasikan beberapa kriteria utama yang dibutuhkan dari calon Komisioner KY.

"Ada empat kriteria utama yang dibutuhkan untuk memilih calon Komisioner KY," kata Peneliti MaPPI-FHUI, Dio Ashar Wicaksana, di Bakoel Coffee, Jalan Cikini Raya, Jakarta, Minggu (28/6/2015).

Kriteria yang pertama, kata Dio, adalah kapasitas. Kapasitas itu meliputi pemahaman akan kedudukan, wewenang, dan tugas KY. Selain itu, calon harus paham dengan visi pengawasan hakim yang ideal, memiliki visi pembaruan peradilan, menjadi mitra kritis bagi Makamah Agung (MA), memiliki pengetahuan dunia peradilan, memiliki manajerial organisasi dan reformasi birokrasi yang baik, dan kemampuan membangun jejaring dan memaksimalkan keterlibatan mastarakat sipil.

"Kedua, integritas, Komisioner KY tidak boleh terlibat kasus pidana ataupun pelanggaran kode etik," sebut dia.

Lalu, ketiga memiliki sikap kepemimpinan yakni kemampuan komunikasi yang baik, memiliki rekam jejak organisasi yang baik, serta berani bersikap dan bertanggung jawab sebagai pimpinan lembaga.

"Terakhir, independensi, tidak ada afiliasi dengan kepentingkan bisnis maupun politik," pungkas dia.

Ia juga mengatakan bersama NGO akan terus mengawal proses seleksi calon Komisioner KY dan juga memperhatikan kriteria utama dan tepat untuk calon Komisioner KT sebagai solusi pembenahan KY itu sendiri.


(DRI)