Gusur PKL, Anggota Satpol PP Luka Parah Hingga Muntah Darah

Aditya Mahatva Yodha    •    Selasa, 30 Jun 2015 15:43 WIB
pkl
Gusur PKL, Anggota Satpol PP Luka Parah Hingga Muntah Darah
Foto: Anggota Satpol PP Kota Malang, Yaenal Ilma saat di Rumah Sakit Syaiful Anwar, Kota Malang/MTVN_Aditya Mahatva Yodha

Metrotvnews.com, Malang: Lima anggota Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Malang, Jawa Timur, terluka saat menggugur ratusan pedagang kaki lima (PKL) di Jalan Pasar Besar, Kota Malang, Jawa Timur, Senin (29/6/2015) malam. Salah seorang di antaranya, Yaenal Ilma mengalami luka parah di kepala hingga muntah darah.

Kepala Satpol PP Kota Malang Agoes Eddy mengatakan insiden itu terjadi saat Yaenal dan petugas lainnya menertibkan PKL di Jalan Pasar Besar, Kota Malang. Saat penertiban itu para PKL mengamuk dan melemparkan kayu ke arah petugas.

"Yaenal bertugas sejak akhir 2014 sebagai tenaga kontrak Satpol PP Kota Malang alias Bantuan Polisi Pamong Praja Kota Malang," kata Agoes Eddy di Malang, Jawa Timur, Selasa (30/6/2015).

Kepala Seksi Kerjasama Bidang Ketenteraman dan Ketertiban Satpol PP Kota Malang Jose Belo mengatakan ada dua tim yang menertibkan PKL. Yaenal masuk dalam tim dua yakni tim paling akhir yang berada di lokasi. Tak terima digusur, PKL Pasar Besar melempar kayu, bambu, botol, dan mangkuk ke arah petugas. Kondisi ini berlangsung cukup lama sebab arus lalu lintas sedang padat.

Akibat lemparan itu, Yaenal mengalami luka parah di kepala dan beberapa kali muntah darah. Saat ini Yaenal dirawat di Rumah Sakit Syaiful Anwar, Kota Malang.

"Karena kondisinya sangat parah, mereka (Yaenal dan rekan) kami larikan ke rumah sakit," kata Jose.


(TTD)