Dengan Uang Rp400 Ribu, Warga Bisa Tempati Apartemen Rakyat di Bandung

Roni Kurniawan    •    Selasa, 30 Jun 2015 17:37 WIB
perumahan
Dengan Uang Rp400 Ribu, Warga Bisa Tempati Apartemen Rakyat di Bandung
Ridwan Kamil memantau proses pembangunan apartemen rakyat di Bandung, Metrotvnews.com/ Roni Kurniawan

Metrotvnews.com, Bandung: Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil, berencana membangun 15 apartemen rakyat untuk masyarakat tak mampu di Bandung, Jawa Barat. Untuk menempati apartemen itu, warga hanya perlu merogoh uang mulai dari Rp400 ribu per bulan.

Menurut Emil, harga sewa tersebut cukup terjangkau bagi masyarakat yang tidak mampu. Masyarakat juga dapat menyewa apartemen tersebut dengan jangka waktu yang sangat panjang, bahkan bisa sampai 60 tahun.

"Mulai dari angka Rp400 ribuan per bulan, itu unit yang paling kecil. Jadi kamar dengan harga ngontrak kan juga per bulan segitu. Ini bisa jangka panjang, bahkan dua generasi," kata Emil kepada wartawan usai Ground Breaking Apartemen Rakyat di Rancacili, Ciwastra, Kota Bandung, Selasa (30/6/2015).

Emil menargetkan pembangunan apartemen dengan 107 unit tempat tinggal itu pada sembilan bulan ke depan. Apartemen memiliki tiga tipe. Tipe pertama dengan satu kamar sebanyak 81 unit; tipe kedua seluas dua kamar sebanyak 13 unit; dan tipe ketiga memiliki 3 kamar sebanyak 13 unit.

"Jadi tahun depan di bulan yang sama, kurang lebih kita sudah ada penghuni. Nah setelah bulan ini, kita fokus yang 14 sisa, mulai dari ground breaking," pungkasnya.

Bangunan apartemen berbentuk melingkar. Bangunan memiliki sembilan lantai dengan total luas 6.453 m persegi. Pembangunannya menggunakan anggaran APBD 2014-2015.


(RRN)