Menperin: Gunakan Merek Lokal Tingkatkan Produk Nasional

Husen Miftahudin    •    Rabu, 01 Jul 2015 19:27 WIB
perindustrian
Menperin: Gunakan Merek Lokal Tingkatkan Produk Nasional
Menperin Saleh Husin berharap Daihatsu genjot ekspor. MTVN/A Harry Budiawan

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Perindustrian (Menperin) Saleh Husin mengungkapkan, penggunaan produk-produk lokal mampu meningkatkan brand nasional di mata dunia. Hal ini harus tertanam di benak masyarakat agar mampu menangkis gempuran produk-produk asing.

"Upaya branding produk nasional harus diikuti oleh kebanggaan mengenakan produk fesyen dalam negeri. Kita sebagai pelaku usaha maupun konsumen bisa berperan jadi brand ambassador sehingga produk Indonesia semakin mendunia," ujar Saleh saat meresmikan pembukaan pameran Gelar Sepatu, Kulit dan Fesyen di JCC, Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (1/7/2015).

Ia meyakini promosi yang dilakukan di tingkat individu menguatkan strategi pemasaran konvensional seperti iklan dan penyelenggaraan ajang pameran. Apalagi saat ini merupakan era media sosial sehingga mendorong masyarakat untuk membeli produk nasional secara personal.

"Melalui pameran ini diharapkan dapat menggairahkan industri kulit, sepatu dan fesyen meskipun perekonomian global tengah lesu," jelas Saleh.

Sementara itu, Dirjen Industri Kimia Tekstil dan Aneka (IKTA) Kementerian Perindustrian, Harjanto mengatakan, aktivitas promosi tidak berhenti pada pameran ini. Pihaknya bakal menggelar rangkaian pameran serupa di bandara-bandara Indonesia untuk lebih memperkenalkan produk dan merek nasional ke dunia internasional.

Dia juga menambahkan pengembangan industri selama ini juga melibatkan beberapa asosiasi seperti Asosiasi Persepatuan Indonesia (Aprisindo), Asosiasi Penyamakan Kulit Indonesia (APKI), Asosiasi Pertekstilan Indonesia (API).  Beberapa di antaranya adalah pengusaha Mode Indonesia (APPMI) serta Asosiasi Barang Jadi Kulit Indonesia (Abjindo).


(SAW)