Moody's Turunkan Peringkat Yunani Lebih Dalam dari "Sampah"

Antara    •    Kamis, 02 Jul 2015 12:08 WIB
ekonomi yunani
Moody's Turunkan Peringkat Yunani Lebih Dalam dari
Ilustrasi Yunani -- Reuters/Alkis Konstantinidis

Metrotvnews.com, Washington: Moody's menurunkan peringkat kreditnya untuk Yunani jauh ke wilayah "sampah" (junk) di "Caa3" pada Rabu waktu setempat atau Kamis (2/7/2015) waktu Indonesia. Hal ini tentu menjadi peringatan terkait dukungan para kreditur terhadap Yunani, apa pun yang terjadi dalam referendum.

Pemangkasan satu tingkat membawa peringkat Yunani hanya dua tahap di atas default. Pemangkasan ini sendiri terjadi setelah berakhirnya program dana talangan (bailout) Uni Eropa, dan gagal bayarnya Yunani kepada Dana Moneter Internasional (IMF).

Sementara itu, negara dan para kreditur resmi menunggu hasil referendum mendatang tentang menerima atau tidak perombakan rencana penyelamatan dari Uni Eropa. Moody's mengatakan, referendum malah menambah risiko lebih lanjut bagi kreditur swasta.

"Moody's yakin bahwa tanpa dukungan yang berkelanjutan dari kreditur resmi, Yunani akan gagal bayar pada utangnya yang dipegang oleh swasta," kata lembaga pemeringkat itu.

Moody's mengaku akan meninjau hasil referendum untuk mengambil kemungkinan adanya peringkat lebih lanjut, dengan langkah berikutnya menjadi "Ca", menunjukkan default imminent (segera gagal bayar). Moody's mengesampingkan prospek kesepakatan baru antara negara dan para kreditur, sekalipun kedua belah pihak terus menyajikan proposal-proposal baru.



(ABD)