Ribuan Pramuka Bantu Arus Mudik di Brebes

Kuntoro Tayubi    •    Kamis, 02 Jul 2015 16:34 WIB
ramadan 2015peta mudik 2015
Ribuan Pramuka Bantu Arus Mudik di Brebes
Pramuka disiapkan untuk membantu kelancaran arus mudik di Brebes, Metrotvnews.com/ Kuntoro Tayubi

Metrotvnews.com, Brebes: Sebanyak 1.015 anggota Pramuka Kwartir Cabang (Kwarcab) 11.29 Brebes, Jawa Tengah, membantu kelancaran arus mudik Lebaran 1436 Hijriyah. Penerjunan anggota Pramuka diharapkan dapat membantu kelancaran dan meminimalisir angka kecelakaan.

“Sumbangsih Pramuka ini, sebagai perwujudan pengamalan  Tri Satya dan Dasa Darma Pramuka. Mereka ditempatkan di titik-titik rawan kecelakaan. Selain anggota Saka Bhayangkara juga dari Saka Pandu Wisata,” ujar Ketua Kwarcab Brebes, Emastoni Ezam, Kamis (2/7/2015).

Emastoni menjelaskan Pramuka Penegak dan Pandega yang usianya sekitar 16 sampai 24 tahun, sudah melakukan pelatihan pengamanan yang dibina oleh Polres Brebes. Anggota pramuka  mendapatkan bekal keahlian untuk mengatur lalu lintas dan pertolongan lainnya.

Penerjunan anggota Pramuka dilakukan sejak H-3 hingga H+2 lebaran. Dalam tugasnya mereka berdampingan dengan pihak kepolisian di beberapa pospam milik Polri. Mereka akan ditempatkan di Wilayah Pantura dan jalur tengah serta jalur selatan.

Ketua Dewan Kerja Cabang (DKC) Kwarcab Brebes Budi Rohmawan menambahkan, berdasarkan pengalaman tahun yang lalu, dari 800 anggota yang dibutuhkan saat itu, ternyata pada laporan akhir mencapai 980 anggota yang terlibat.

“Kemungkinan tahun ini juga anggota yang bergabung akan bertambah pada saat pelaksanaan,” ungkapnya.


(RRN)