Singapura Jadi investor Terbesar Myanmar

Arif Wicaksono    •    Jumat, 03 Jul 2015 09:12 WIB
asean
Singapura Jadi investor Terbesar Myanmar
Ekonomi Singapura diprediksi hanya tumbuh 3% -- AFP PHOTO/ROSLAN RAHMAN

Metrotvnews.com, Singapura: Singapura mencatatkan sebagai urutan pertama dalam investor yang masuk ke Myanmar pada 2014 dengan total nilai investasi sebanyak USD8 miliar atau naik dari tahun sebelumnya yang mencapai USD4 miliar.

Dikutip dari Straits Times, Kamis (2/7/2015), Perdana Menteri Singapura Teo Chee Hean menuturkan hubungan dagang di antara kedua Negara semakin solid dengan posisi Singapura sebagai negara partner dagang terbesar ketiga setelah Tiongkok dan Thailand dengan total transaksi bilateral mencapai USD2,42 miliar.

Teo menambahkan akan selalu mendukung perkembangan Myanmar dengan mengembangkan pengalaman serta memberikan panduan secara teknis. Kerja sama ini tampak dengan program pemerintah Singapora untuk memberikan pelatihan kepada 11.700 pekerja Myanmar dalam isu ekonomi, kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) serta administrasi publik.

Menurutnya, Singapura dapat mendanai sejumlah proyek infrastruktur yang membutuhkan pinjaman dari perbankan asing. Langkah ini sudah dimulai dengan masuknya dua bank Singapura seperti OCBC dan UOB yang menggarap pasar di Myanmar.

Kepala OCBC Ooi Sang Kuang menuturkan kerjasama dengan 10 bank Myanmar akan membuka kesempatan untuk perdagangan, cash management dan kerja sama treasury. Sejumlah analis menuturkan banyak potensi pendanaan yang bisa dilakukan sejumlah bank tersebut.

Teo melanjutkan peran perbankan Singapura untuk mengembangkan bisnis di Myanmar sebagai pemain kunci di regional ASEAN.

"Ini menjadi visi Singapura untuk menciptakan kedamaian, stabilitas, dan integrasi dalam AEC, ketika semua Negara dapat tumbuh bersama, dan kita bangga semua bank kita dapat berkontribusi maksimal untuk menciptakan iklim kerja yang bagus," kata Teo.
 



(SAW)