Pesawat Hercules Jatuh

TNI AU Akan Selidiki Warga yang Bayar Naik Hercules

Renatha Swasty    •    Jumat, 03 Jul 2015 14:40 WIB
hercules jatuh di medan
TNI AU Akan Selidiki Warga yang Bayar Naik Hercules
Puing hercules di Jalan Jamin Ginting----Ant/Irsan

Metrotvnews.com, Medan: Adanya kabar warga sipil membayar sejumlah uang untuk naik pesawat Hercules menjadi pertanyaan banyak pihak. Pasalnya, Hercules hanya bisa dinaiki anggota TNI dan keluarganya.

Menurut Panglima Komando Operasi I Marsekal Muda TNI Agus Dwi Putranto tidak ada yang bisa menaiki pesawat Hercules selain anggota TNI dan keluarga mereka yang mendapat surat izin. Jika pun ada warga sipil yang naik, mereka harus  dibuatkan dulu surat izin naik pesawat

Hal itu seperti mahasiswa yang ikut jadi korban Hercules C-130 yang naik Hercules dari Pekanbaru. "Mereka minta bantuan dari Komandan Lanud. Ada surat, mohon untuk bantuan AU karena keterbatasan angkutan sipil, sehingga mereka minta bantuan. Lanud membantu. Apa salahnya kita membantu," kata Agus di RSUP Adam Malik, Medan, Sumatera Utara, Jumat (3/7/2015).

Namun apabila dalam pemberian surat izin itu ada uang, Agus menegaskan, akan mengejar oknum terlibat. "Kalau ada terdata saudara dari sersan X, secara kedinasan, TNI Angkatan Udara membawa dia karena dia saudara sersan X. Kalau dia ternyata bayar maka oknumnya itu yang akan dicari oleh KASAU. Sehingga nanti mendapat tindakan," tegas dia.

Saat ini, kata dia, investigasi terkait pemberian itu masih berjalan. Hanya ia tak bisa memberikan detailnya. Dia pun tak mau berkomentar ihwal dugaan adanya anggota TNI AU yang ikut bermain.

"Masih berjalan. Ada tim investigasi sendiri. Saya Pangkoops hanya menangani yang di lapangan. Jangan dibalik pertanyaannya. Jangan kamu bertanya itu, jawaban saya begitu," pungkas dia.

Diketahui, beberapa warga bisa menggunakan fasilitas pesawat Hercules. Mereka diizinkan naik dengan membayar sejumlah uang. Adapun, uang yang dibayarkan bervariasi tiap orang.


(TII)