Alami Gangguan Teknis, Hercules Pengangkut Jenazah Gagal Terbang

Ilham wibowo    •    Jumat, 03 Jul 2015 20:55 WIB
hercules jatuh di medan
Alami Gangguan Teknis, Hercules Pengangkut Jenazah Gagal Terbang
Salah satu pesawat Hercules C-130H milik TNI AU mendarat di Lanud Halim Perdanakusuma (Foto: AFP PHOTO/Bay ISMOYO)

Metrotvnews.com, Jakarta: Pesawat Hercules C-130 dengan nomor ekor A-1321 mengalami gangguan teknis di di Pangkalan Udara (Lanud) Suwondo, Medan. Akibatnya, ada perubahan terhadap pengiriman delapan jenazah korban Hercules C-130 yang jatuh pada 30 Juni 2015 lalu.

Rencananya pengiriman delapan jenazah dari Lanud Suwondo, Medan hingga Lanud Ranai, Pulau Natuna menggunakan pesawat tersebut. Namun, saat hendak lepas landas, terlihat percikan api dari salah satu bagian mesin pesawat sehingga pengiriman diganti menggunakan pesawat CN 925.

"Ini hanya kerusakan biasa saja, sebenarnya bisa terbang. Tapi untuk antisipasi keselamatan, kita ganti," kata Kepala Dinas Penerangan TNI AU Marsekal Pertama Dwi Badarmanto saat dikonfirmasi, Jumat (3/7/2015).

Dwi menjelaskan, kerusakan terjadi pada bagian transmitter respi fire pesawat. Kerusakan di bagian tersebut, lanjut dia, dikhawatirkan akan menjalar ke bagian lain jika tidak segera diperbaiki.

Posisi Hercules C-130 A-1321, kata dia, saat ini masih berada di Lanud Suwondo, Medan, untuk diperiksa dan diperbaiki. "Kita masih menunggu suku cadang secepatnya yang akan dikirim dari Lanud Halim Perdanakusuma," tutur dia.




(OGI)