6 Alasan Payudara Terasa Nyeri

Torie Natalova    •    Sabtu, 04 Jul 2015 13:14 WIB
kesehatanpayudara
6 Alasan Payudara Terasa Nyeri
Nyeri pada payudara. (Foto:ireportgist.com)

Metrotvnews.com, Jakarta: Payudara merupakan bagian tubuh yang paling sensitif pada wanita. Terkadang, wanita akan mengalami rasa sakit pada payudaranya. Berikut beberapa alasan mengapa payudara terasa sakit.

1. Olahraga berat
Mungkin Anda melakukan latihan push up atau angkat beban sehari-hari. Ini mungkin tampak seperti rasa sakit pada payudara, tapi rasa yang tidak nyaman itu sebenarnya berasal dari otot-otot di bawah payudara Anda yaitu otot-otot dada. Otot ini terletak te[at di bawah jaringan payudara. Jika terasa sakit, cobalah untuk meletakkan bantalan yang panas di bagian bawah payudara.

2. PMS (Pre Menstrual Syndrome)
Penyebab paling umum dari nyeri payudara adalah perubahan hormon yang datang bersamaan dengan periode haid Anda. Ini respon tubuh yang normal sebagai bentuk pergeseran estrogen sehingga membuat pembengkakan dan nyeri sebelum haid dimulai. Nyeri ini akan hilang seiring selesainya masa haid Anda.

3. Bra Anda tidak pas di payudara
Jika bra terlalu ketat atau cup nya terlalu kecil, ini bisa mendorong payudara Anda seharian sehingga membuat sakit pada payudara. Cobalah untuk memakain bra yang tepat dengan ukuran payudara Anda.

4. Olahraga lari
Sebuah penelitian terbaru menemukan satu dari tiga pelari maraton melaporkan nyeri payudara. Untuk mengatasinya, gunakan bra yang tepat untuk olahraga khususnya lari atau olahraga melompat karena payudara akan bergerak. Dan pastikan tidak ada bagian payudara yang keluar dari bra karena ukuran yang terlalu kecil.

5. Anda memiliki payudara yang kental
Jika Anda diidentifikasi sebagai wanita dengan jaringan payudara yang kental (dikenal jaringan payudara fibrokistik), maka Anda akan akrab dengan nyeri payudara terkait siklus haid. Jaringan yang bergelombang ini sebenarnya ditandai dengan kista berisi cairan dan tidak selalu berhubungan dengan kanker. Namun, memang mereka lebih sensitif dengan perubahan hormonal.

6. Terlalu banyak minum latte
Beberapa studi menunjukkan bahwa tidak terlalu banyak meminum kafein dapat membantu mengurangi rasa tidak nyaman pada payudara wanita, terutama yang memiliki jaringan payudara fibrokistik. 

Secara umum, nyeri payudara sementara itu tidak membahayakan. Biasanya hanya terjadi beberapa hari saja kemudian rasa nyeri menghilang. Namun, jika rasa sakit tetap ada dan memburuk, cobalah periksa ke dokter. Biasanya untuk memperhatikan perubahan dari penampilan, tekstur atau rasa nyerinya. Jika melihat sesuatu yang tak biasa segera hubungi dokter. (Prevention)


(LOV)