Mudik di Brebes, Waspadai Empat Titik Lintasan KA Ini

Kuntoro Tayubi    •    Minggu, 05 Jul 2015 11:17 WIB
Mudik di Brebes, Waspadai Empat Titik Lintasan KA Ini
Simpang tiga Pejagan di Brebes, Metrotvnews.com/ Kuntoro Tayubi

Metrotvnews.com, Brebes: Empat lintasan kereta api (KA) di Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, menjadi titik rawan macet saat arus mudik dan arus balik Lebaran nanti.

Keempat lintasan KA itu terdapat di Desa Dukuhturi (Kecamatan Ketanggungan), Desa Karangsawah (Kecamatan Tonjong), Desa Kretek dan Pagoejengan (Kecamatan Paguyangan). Hampir setiap arus mudik dan balik Lebaran, di empat titik lintasan KA ini terjadi kemacetan.

Kanit Dikyasa Iptu Suroto Satuan Lalu Lintas Polres Brebes, Iptu Suroto, mengatakan polisi akan berkonsentrasi untuk mengurai kemacetan di sana. Selain itu, pihaknya juga akan menempatkan petugas di lintasan KA yang tidak dijaga.

“Ada 32 lintasan KA di Kabupaten Brebes, 7 di antaranya tidak dijaga. Di antaranya Lintasan KA Kaligangsa Kulon, Karangsari, Kluwut, Bojongsari, dan Kecipir. Kemudian dua di Klampok,” kata Suroto, di Kantor Satlantas, Minggu (5/7/2015).

Kanit Dikyasa Iptu Suroto menjelaskan beradasarkan pengalaman tahun lalu, selama arus mudik dan balik terdapat 94 kereta api yang melintas di wilayah utara. Setiap melintas, dibutuhkan waktu penutupan palang pintu lintasa KA antara 5-7 menit. Sehingga total selama 24 jam ada 9 jam arus kendaraan berhenti di lintasan KA.  

"Potensi kemacet di wilayah utara terdapat di Lintasan kereta api Pejagan dan Dukuhturi. Sementara untuk jalur kereta api di wilayah selatan dilalui sebanyak 82 kereta, lebih sedikit. Potensi kemacetan di Kretek dan Pagoejengan," katanya.

Simpang tiga pejagan akan menjadi titik paling rawan kemacetan. Karena selain terdapat sebidang lintasan KA, di sana merupakan titik pertemuan arus kendaraan yang keluar dari Exit Tol Pejagan menuju jalur pantura.


 
(RRN)