Pertamina Investasi USD2,5 Miliar Optimalkan Panas Bumi

Annisa ayu artanti    •    Minggu, 05 Jul 2015 16:46 WIB
pertaminapanas bumi
Pertamina Investasi USD2,5 Miliar Optimalkan Panas Bumi
Direktur Utama Pertamina Dwi Soetjipto (ANTARA FOTO/Wahyu Putro A)

Metrotvnews.com, Jakarta: PT Pertamina (Persero) mengeluarkan investasi sebesar USD2,5 miliar untuk mendorong pemanfaatan panas bumi nasional, yang saat ini masih berada dikisaran lima persen dari total sumber daya yang dimiliki.

Direktur Utama Pertamina Dwi Soetjipto mengakui bahwa mengembangkan panas bumi memang tidak mudah. Bahkan, Indonesia sendiri baru memanfaatkan sebanyak lima persen dari potensi yang dimiliki. Padahal, Indonesia memiliki potensi besar di dunia dengan 28.000 Megawatt (Mw).

"Bahkan, di saat investor lain pun tidak banyak tergerak karena berbagai hambatan yang dialami, kami terus berinvestasi di sektor panas bumi salah satunya PLTP Kamojang 5," kata Dwi, dalam keterangan tertulisnya, di Jakarta, Minggu (5/7/2015).

Sebagai langkah konkritnya, Dwi mengaku bahwa Pertamina telah membiayai beberapa proyek pengembangan PLTP. "Keseluruhan proyek tersebut memiliki total kapasitas pembangkitan sebesar 505 MW dan investasi sekitar USD2,5 Miliar," jelas dia.

Rencananya, Dwi menambahkan, proyek-proyek tersebut akan mulai beroperasi komersial secara bertahap mulai 2015 hingga 2019. "Dengan tuntasnya proyek-proyek tersebut, Pertamina akan memiliki kapasitas sebesar 907 MW pada 2019 yang dapat menghemat penggunaan BBM sekitar 43.000 barel setara minyak per hari," pungkas dia.


(ABD)