5 Alasan Mengapa Berlibur Sendirian Itu Seru

   •    Selasa, 07 Jul 2015 13:00 WIB
wisata
5 Alasan Mengapa Berlibur Sendirian Itu Seru
Foto: insurancehotline.com

Metrotvnews.com: Pergi liburan memang menyenangkan jika dihabiskan bersama keluarga, teman, atau kekasih. Tetapi, tak perlu bersedih jika Anda harus melewati liburan seorang diri. 

Perlu Anda ketahui kalau pergi berlibur sendiri juga mengasyikkan. Selain menantang, Anda juga bisa mendapatkan pengalaman yang lebih banyak lagi. Berikut alasan-alasan mengapa Anda perlu berlibur sendirian sesekali:

1. Anda akan belajar untuk keluar dari zona nyaman Anda
Travelling membawa Anda ke berbagai tempat-tempat asing. Saat Anda berpergian dengan kelompok, tidak ada banyak perubahan yang intensif dalam diri Anda. 

Berbeda dengan berjalan sendiri. Anda akan merasakan bagaimana berkembang di luar zona nyaman Anda. Maksudnya, Anda akan menjadi lebih mandiri dan melakukan berbagai hal sendiri. Ketahuilah, itu sangat berguna untuk pertumbuhan mental Anda yang mana bisa membuat Anda menjadi lebih dewasa.

2. Anda akan belajar menjadi tegas
Bepergian dengan pasangan atau kelompok, Anda akan banyak meminta pendapat untuk tujuan wisata berikutnya bahkan mungkin Anda akan menurut saja dengan kondisi yang ada. 

Saat Anda sendiri, Anda akan menjadi penentu. Andalah yang memutuskan mau makan di mana, bangun jam berapa, hari ini pergi kemana. Itu sangat menyenangkan. 

Anda akan menyadari bahwa Anda dapat membuat pilihan yang baik tanpa bantuan orang lain. Dengan begitu, sifat percaya diri Anda akan semakin meningkat.

3. Anda akan bertemu orang baru
Jika Anda ingin bertemu teman-teman baru, inilah kesempatan Anda. Liburan sendirian membuat Anda tidak akan fokus berbicara dengan siapa pun sehingga memungkinkan Anda untuk memulai percakapan dengan orang asing. Bertemu dengan orang-orang dari latar belakang yang berbeda bisa membuka pikiran Anda, atau mungkin bisa menjadikan inspirasi untuk Anda. 

4. Anda dapat melakukan apapun yang Anda mau
Anda tidak perlu repot menghabiskan waktu dengan melakukan apa yang tidak Anda inginkan. Karena Anda sendiri, Anda bebas melakukan apa saja. Anda bisa melakukan petualangan yang Anda dambakan selama ini. Anda bisa memutuskan jadwal yang telah Anda buat untuk dilanjutkan atau tidak. Jika berkelompok, jangan harap Anda bisa melakukan hal tersebut.

5. Anda bebas menjadi diri sendiri
Dalam kehidupan sehari-hari Anda mungkin memakai topeng pada diri Anda. Inilah saatnya Anda melepaskan itu semua. Pergi travelling sendiri, Anda bisa menjadi diri Anda apa adanya. Tidak akan ada yang mengkritik Anda. Selain itu, Anda juga akan menikmati waktu untuk merilekskan diri tanpa gangguan orang sekitar yang mengenal Anda dengan baik.

Travelling sendirian dapat membantu Anda menemukan kekuatan dalam diri Anda. Seperti halnya petualangan lainnya, Anda juga dianjurkan menyiapkan segala sesuatu sebelum berangkat liburan. Seperti mencari tahu tempat yang akan dikunjungi dan menyiapkan barang-barang yang akan dibawa nantinya agar perjalanan Anda aman dan nyaman. (Sumarni / Lifehack)


(AWP)