Gencar Promosi, UMK Harus Manfaatkan Media Sosial

Antara    •    Selasa, 07 Jul 2015 18:12 WIB
pesta belanja online
Gencar Promosi, UMK Harus Manfaatkan Media Sosial
Bisnis online sedang booming menjadi perhatian menteri ekonomi, MI,USMAN ISKANDAR

Metrotvnews.com, Jakarta: Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengimbau pelaku usaha mikro dan kecil (UMK) gencar memanfaatkan media sosial menjelang diterapkannya masyarakat ekonomi ASEAN (MEA).

"Menghadapi MEA, pelaku usaha mikro dan kecil ini, perlu dikenalkan dengan media-media yang baru untuk menyosialisasikan kemudian menjual produk, tidak hanya dengan media 'mainstream' saja," ujar Sekretaris Jenderal Kementerian Komunikasi dan Informatika Suprawoto di Jakarta, Selasa (7/7/2015).

Ia mengatakan sejumlah UMK masih menilai hanya sarana informasi mainstream, yakni media televisi, radio, dan media elektronik, yang dapat mempromosikan jualan mereka.

Menurut dia, kehadiran wadah baru berupa media sosial belum sepenuhnya diberdayakan para pengusaha kecil dan menengah untuk mendukung penjualan barang dagangannya.

Padahal, layanan media sosial berpeluang besar menciptakan bisnis "Electronic Commerce" (E-Commerce) yaitu proses pembelian dan penjualan produk, jasa dan informasi yang dilakukan dengan memanfaatkan jaringan internet, yang mempermudah proses jual-beli saat MEA berlangsung. 

"Bisnis lewat e-commerce saat ini luar biasa besar, terbukti keuntungannya semakin lama semakin tinggi," tukasnya.

Catatan tersebut disayangkan Suprawoto, apalagi biaya pengadaan "Information and Communications Technology" (ICT) merupakan penggerus devisa nomor dua setelah minyak.

"Oleh sebab itu, harapan dari Kominfo, jangan sampai teknologi ini hanya dinikmati sekadar untuk memudahkan hidup, tapi kemudian harus dirasakan nilai tambahnya bagi kualitas SDM Indonesia, sehingga apa yang kita bangun dan upayakan itu betul-betul memberikan kesejahteraan kepada masyarakat," tambahnya.



(SAW)