Mitra Kerja Berubah, Dewan Kritik Pimpinan

Surya Perkasa    •    Kamis, 09 Jul 2015 19:39 WIB
dpr
Mitra Kerja Berubah, Dewan Kritik Pimpinan
Anggota Komisi VII DPR, Ramson Siagian (MI/Mohamad Irfan)

Metrotvnews.com, Jakarta: Pimpinan DPR memunculkan pro-kontra baru dengan mengganti mitra kerja beberapa Kementerian. Anggota dewan pun mengkritik keputusan yang dinilai tak dibicarakan lebih dahulu dengan anggota dewan di Komisi.

"Kita merasa dilangkahi dong. Apirasi anggota seharusnya dikumpulkan, diperjuangkan, dikomunikasikan," kata Anggota Komisi VII DPR Ramson Siagian, Kamis (9/7/2015).

"DPR kan seharusnya dijalankan dengan kepemimpinan demokratis di parlemen," lanjut dewan yang juga duduk di Badan Musyawarah DPR ini.

Dia mengaku sangat tidak setuju jika Kemenristek Dikti harus bermitra dengan Komisi X, dan Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup dengan Komisi IV. Apalagi ada kesan pimpinan tak mendengarkan suara anggota.

"Setiap anggota DPR punya hak konvensional yang sama. Tapi pimpinan sebagai speaker harus bisa mengkomunikasikan aspirasi anggota. Paling tidak anggota tahu bahwa ini dalam proses," jelas diam

Memang, kata Ramson, penetapan perubahan mitra kerja ini sangat mengejutkan. Apalagi dia mengaku ada banyak anggota Komisi VII yang tak tahu ada perubahan mitra kerja.

Merasa dilangkahi, dia pun mengkritik pimpinan Komisi VII yang kurang proaktif. "Ini juga lemahnya pimpinan Komisi VII. seharusnya proaktif. Beginilah susahnya, orang bukan dari politikus jadi susah juga," kritik dia.

Sebelumnya diberitakan, tiga kementerian mengalami pergantian mitra kerja di DPR menjelang akhir Masa Sidang ke-IV. Hal ini diketahui lewat surat yang diterima oleh fraksi di DPR.

Perubahan terjadi untuk Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Kementerian yang berpindah mitra ke Komisi V. Padahal sebelumnya kementerian yang dipimpin Marwan Jafar ini bermitra dengan Komisi II.

Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi beralih mitra ke Komisi X, yang sebelumnya bermitra dengan Komisi VII.

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan juga beralih mitra kerja. Lembaga yang dipimpin oleh Menteri Siti Nurbaya akan bermitra dengan Komisi IV DPR.

Sementara itu, Ketua DPR Setya Novanto menegaskan bahwa keputusan itu berdasarkan mayoritas suara fraksi.

"Semuanya itu yang kita putuskan berdasarkan suara fraksi terbanyak," kata Setya di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Rabu 8 Juli.


(MEL)