Cara Efektif Mencegah Gigi Berlubang

Adi Waluyo    •    Senin, 13 Jul 2015 10:46 WIB
kesehatan
Cara Efektif Mencegah Gigi Berlubang
Foto: awomenpark.com

Metrotvnews.com: Terlalu banyak makan permen atau musim liburan membuat Anda banyak melahap cokelat? Hati-hati jangan sampai gigi Anda berlubang (tooth cavity).

Sebagian besar masalah gigi berlubang disebabkan oleh makanan dan minuman manis. Berikut adalah cara untuk mencegah gigi berlubang:

1.Sikat lebih sering
Cara yang paling sederhana dan penting untuk menjaga kuman di rongga mulut dan gigi adalah dengan menyikat gigi. Sikat dengan hati-hati, setidaknya dua kali sehari. Sikatlah secara menyeluruh di kedua sisi dan gerakkan tangan Anda dalam gerakan atas ke bawah, sehingga semua gigi Anda bersih. Menyikat harus berlangsung selama minimal 10 menit.

2. Gunakan obat kumur (mouthwash)
Gunakan obat kumur yang mengandung anti-bakteri yang akan membantu membatasi pertumbuhan bakteri di dalam mulut. Garam juga bisa bertindak sebagai disinfektan, Anda bahkan dapat membilas mulut Anda dengan air garam sekali sehari atau beberapa kali seminggu. Ini akan menjaga gusi Anda tetap sehat.

3. Minum air
Setelah makan sesuatu yang manis, selalu minum air. "Minum air dapat seefektif flossing. Air dapat membilas sampai ke sela-sela gigi, sehingga mencegah penumpukan gula dan pertumbuhan bakteri yang akan melakukan kerusakan pada gigi Anda," kata dokter gigi estetika, Dr Karishma Jaradi.

4. Tambahkan kalsium dalam diet Anda
Makanlah makanan yang kaya kalsium yang akan membantu re-mineralise gigi dan mencegah pembentukan rongga. Percaya atau tidak, menurut beberapa penelitian, mengkonsumsi keju dapat membantu melawan gigi berlubang dan bahkan mencegahnya. Menurut penelitian, kadar kalsium dalam mulut meningkat setelah makan keju dan sebagai hasilnya akan membantu re-mineralise gigi Anda. (Times of India)


(AWP)