Boeing Ciptakan Mesin Pesawat Bertenaga Laser dan Nuklir

Riandanu Madi Utomo    •    Senin, 13 Jul 2015 13:17 WIB
teknologi
Boeing Ciptakan Mesin Pesawat Bertenaga Laser dan Nuklir
Rancangan mesin pesawat Boing yang menggunakan nuklir dan laser

Metrotvnews.com: Berbagai jenis kendaraan darat telah banyak yang dilengkapi dengan mesin bertenaga listrik yang ramah lingkungan. Sayangnya, transisi penggunaan mesin ramah lingkungan masih belum terlihan di dunia penerbangan.

Beberapa waktu yang lalu, dunia memang sempat dihebohkan dengan suksesnya penerbangan pesawat tenaga surya Solar Impulse, namun konsep mesin yang diadopsi Solar Impulse masih belum bisa diterapkan pada pesawat-pesawat berskala besar.

Mencoba mewujudkan pesawat ramah lingkungan, pembuat pesawat terbang Boeing baru-baru ini mematenkan sebuah desain mesin pesawat terbaru yang ramah lingkungan. Tidak seperti mesin turbofan yang digunakan pesawat pada umumnya, mesin pesawat rancangan Boeing akan memanfaatkan energi laser dan nuklir sebagai bahan bakar utama yang akan menjalankan mesin tersebut.

Cara kerja mesin pesawat ini adalah menggunakan laser dan menembakkannya pada material nuklir sehingga ledakannya dapat menghasilkan neutron. Energi pada neutron tersebutlah yang kemudian akan digunakan untuk mendorong pesawat dan menerbangkannya.

Aplikasi mesin ini tak hanya sebatas pada pesawat saja, melainkan juga pada misil, roket, hingga pesawat antariksa. Sayangnya, mesin pesawat ini masih berupa konsep dan masih perlu dikembangkan lebih lanjut. (Ubergizmo)


(ABE)