Efek Rumah Kaca Kembali dengan Singel 'Pasar Bisa Diciptakan'

Agustinus Shindu Alpito    •    Senin, 13 Jul 2015 13:26 WIB
efek rumah kaca band
Efek Rumah Kaca Kembali dengan Singel 'Pasar Bisa Diciptakan'
Singel baru Efek Rumah Kaca (Foto:Official)

Metrotvnews.com, Jakarta: Setelah vakum sekitar satu setengah tahun, Efek Rumah Kaca (ERK) kembali hadir dengan sebuah singel baru.

Singel tersebut berjudul Pasar Bisa Diciptakan, telah diperdengarkan di 144 saluran radio pada 10 Juli.

Seperti lagu-lagu ERK lainnya, Pasar Bisa Diciptakan seolah memuat refleksi sosial tentang apa yang terjadi pada industri musik Indonesia.

"Seiring dengan waktu, kita sudah tidak sekeras dulu. Masih ada api itu, tapi kami ingin lebih kalem. Kita ingin lebih tenang dalam meneriakkan sesuatu. Banyak lirik yang akhirnya diganti karena kami merasa sudah tidak sesuai lagi. Yang jelas, Pasar Bisa Diciptakan dibuat untuk kami sendiri. Tidak ada rencana membuat manifesto atau apa pun itu. Ini hanya cermin kegelisahan kami," jelas vokalis ERK, Cholil, yang dikutip situs resmi ERK.

Menariknya, singel ini dirilis bersamaan dengan singel Biru. Dua singel tersebut memiliki fragmen saling berkaitan. Biru merupakan versi lanjutan dari Pasar Bisa Diciptakan.

Awal lagu Biru sama persis dengan Pasar Bisa Diciptakan, tetapi di bagian akhir Biru memuat fragmen berbeda dengan idiom Cipta Bisa Dipasarkan.

Dengan demikian, terdapat dua angle berbeda dalam menikmati keseluruhan gagasan ERK saat membicarakan pasar dan cipta karya.

Meski baru dirilis tahun ini, sejatinya Pasar Bisa Diciptakan adalah lagu yang tercipta sejak 2008, saat mereka mengembangkan lebih jauh soal gagasan dalam lagu Cinta Melulu.

Hingga kini, ERK sudah menginjak usia 10 tahun dan melahirkan dua album penuh. Mereka dikenal sebagai grup musik yang peka terhadap fenomena sosial dan menyuarakannya lewat lirik dengan Bahasa Indonesia yang baik.

Selain getir, kelam dan ironi, ERK memberikan alternatif untuk melihat Indonesia dari kacamata generasi muda yang sadar akan kebobrokan dan ingin berubah.


(ROS)