Sambangi Wapres, Menlu Retno Bahas Persiapan Sidang Umum PBB

Dheri Agriesta    •    Senin, 13 Jul 2015 15:55 WIB
pbb
Sambangi Wapres, Menlu Retno Bahas Persiapan Sidang Umum PBB
Retno Marsudi. Foto: Rommy Pujianto/MI

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi menyambangi Kantor Wakil Presiden. Retno melaporkan persiapan sidang umum Perserikatan Bangsa-Bangsa yang digelar September nanti.

"Ada beberapa laporan, tapi yang paling utama kita bicara persiapan sidang umum PBB yang akan berlangsung September nanti. Insya Allah Pak JK (Wakil Presiden Jusuf Kalla) yang akan mewakili Indonesia untuk hadir di sidang, intinya itu saja," kata Retno usai bertemu Jusuf Kalla di Kantor Wakil Presiden, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Senin (13/7/2015).

Tak hanya itu, Retno juga membicarakan penyelenggaraan Peacekeeping Summit yang akan digelar akhir Juli ini. Indonesia, kata dia, akan menjadi tuan rumah regional meeting.

Peacekeeping menjadi isu penting untuk Indonesia. Sebab, politik luar negeri Indonesia cukup banyak terlibat dalam isu ini. "Sejauh ini kita sudah menjadi kontributor ke 16 terbesar di dunia dan kita sudah mencanangkan 4.000 peacekeepers," kata Retno.

Dari 4.000 orang itu, sekitar 2.600 orang telah dikirim ke berbagai daerah di luar negeri. Peacekeepers ini menjadi aset bagi politik luar negeri Indonesia.

"Jadi itu betul-betul suatu aset bagi politik luar negeri kita dan kita akan capitalize dan kita akan tingkatkan kontribusi kita di bidang peacekeeping," pungkas Retno.



(KRI)