Presiden Nigeria Pecat Semua Kepala Militernya

Willy Haryono    •    Rabu, 15 Jul 2015 07:11 WIB
konflik nigeria
Presiden Nigeria Pecat Semua Kepala Militernya
Presiden Nigeria Muhammadu Buhari (tengah) saat dilantik pada 29 Mei 2015. (Foto: AFP / Susan Walsh)

Metrotvnews.com, Abuja: Presiden Nigeria Muhammadu Buhari memecat kepala militer angkatan darat, laut, udara dan pertahanan. 

Seperti dikutip Reuters, Senin (13/7/2015), ini merupakan salah satu langkah sang mantan jenderal dalam menghadapi grup ekstremis Boko Haram. Empat figur pengganti akan diumumkan dalam waktu dekat. 

Empat petinggi yang dipecat adalah Kepala Staf Pertahanan, Marshal Udara Alex Badeh; Kepala Staf Militer, Mayor Jenderal Kenneth Minimah; Kepala Staf Angkatan Laut, Rear Admiral Usman Jibirin dan Kepala Staf Angkatan Udara, Wakil Marshal Udara Adesola Amosu. 

Sejak dilantik pada Mei lalu, Buhari telah memindahkan pusat komando pertahanan ke Maiduguri, tempat kelahiran Boko Haram. Ia juga mendirikan sejumlah markas militer multi-nasional di ibu kota N'Djamena, Chad. 

Pada Juni, Amnesti Internasional menuding militer Nigeria melakukan pelecehan hak asasi manusia secara sistemik serta bertanggung jawab atas kematian sekitar 8000 tahanan. 

Mantan Presiden Goodluck Jonathan dikritik dunia internasional atas ketidakmampuannya menghadapi pemberontakan yang telah berlangsung selama enam tahun terakhir, yang telah menewaskan ribuan orang dan membuat 1,5 juta lainnya telantar. 

Moral prajurit Nigeria anjlok di bawah kepemimpinan Jonathan. Baru pada awal 2015, Boko Haram akhirnya dapat didorong dari beberapa daerah jajahannya berkat bantuan pasukan asing dan negara tetangga.


(WIL)