H-7 hingga H+7 Lebaran, Petugas Rutan dan Lapas Dilarang Cuti

Intan fauzi    •    Rabu, 15 Jul 2015 13:35 WIB
H-7 hingga H+7 Lebaran, Petugas Rutan dan Lapas Dilarang Cuti
Dua sipir mengunci pintu gerbang Lembaga Pemasyarakatan Kerobokan, Denpasar, Selasa 27 Januari 2015. Antara Foto/Nyoman Budhiana

Metrotvnews.com, Jakarta: Lembaga pemasyarakatan dan rumah tahanan meningkatkan pengamanan menjelang dan setelah Lebaran. H-7 hingga H+7 Lebaran, petugas lapas dan rutan dilarang mengambil cuti agar pengamanan tak terganggu.

"Di lapas dan rutan H-7 dan H+7 lebaran, petugas tidak diperbolehkan mengambil cuti," kata Kasubdit Komunikasi Dirjen Pemasyarakatan M. Akbar Hadiprabowo kepada Metrotvnews.com di kantornya, Jalan Veteran Raya, Jakarta Pusat, Rabu (15/7/2015).

Saat Lebaran, petugas jangan sampai lengah menjaga keamanan lapas dan rutan. Menurut Akbar, bulan Ramadan menjelang Lebaran termasuk rawan tahanan melarikan diri.

Menurut Akbar, saat takbir berkumandang biasanya keinginan para tahanan dan narapidana untuk pulang kampung sangat tinggi. "Seperti Idul Fitri, malam takbiran napi itu tersayat-sayat ingin pulang karena biasa kumpul dengan keluarga," tambahnya.
(TRK)