Review Monitor

Menjajal Monitor Gaming ASUS MG279Q yang Dilengkapi Teknologi Freesync

Riandanu Madi Utomo    •    Jumat, 17 Jul 2015 10:42 WIB
review peripheral
Menjajal Monitor Gaming ASUS MG279Q yang Dilengkapi Teknologi Freesync
Monitor gaming ASUS MG279Q berteknologi AMD FreeSync

Metrotvnews.com, Jakarta: Orang kerap menomorduakan monitor, terutama mereka yang merakit PC dengan dana terbatas. Secara kasat mata, monitor memang terlihat tak terlalu penting. Hal tersebut karena kualitasnya lebih sulit diukur ketimbang komponen PC lainnya, seperti prosesor ataupun kartu grafis. Ditambah lagi, hingga saat ini, masih belum ada software khusus yang mampu memberikan nilai terhadap performa sebuah monitor.

Meskipun demikian, monitor bukanlah komponen yang dapat disepelekan, terutama bagi Anda yang memiliki cita-cita untuk menjadi seorang gamer profesional ataupun suka dengan game-game kompetitif. Monitor tidak hanya berfungsi untuk sekadar bermain game saja.

Para profesional seperti desainer grafis, programmer, video editor tentunya membutuhkan monitor dengan spesifikasi khusus yang mumpuni untuk pekerjaannya. Selain itu, monitor juga sangat berpengaruh pada penyajian konten multimedia yang berujung pada pengalaman ketika menikmati konten multimedia.



Itulah yang menurut kami ingin disajikan ASUS pada monitor gaming LED 27-inci terbaru, ASUS MG279Q. Meskipun memiliki embel-embel gaming pada namanya, bagi kami monitor ini lebih dari sekadar monitor gaming. ASUS MG279Q memiliki desain yang kokoh, namun masih sangat fleksibel. Ia ditopang tumpuan dan kaki yang kuat, serta gagang yang sangat fleksibel. Saking fleksibelnya, monitor ini bahkan dapat dimiringkan dan diputar.

Kemampuan ASUS MG279Q yang dapat diputar juga seharusnya menjadikannya disukai para programmer yang rata-rata lebih suka dengan monitor dengan posisi potrait ketimbang landscape karena lebih nyaman ketika digunakan untuk menulis program (coding).

Sementara itu, ASUS MG279Q juga memiliki warna yang tergolong sangat bagus. Warna hitam pada monitor ini terlihat lebih gelap dan solid dengan kontras yang pas seperti halnya warna lainnya. Hal tersebut tentunya sangat berguna bagi para desainer grafis dan video editor yang pekerjaannya membutuhkan monitor dengan kualitas warna yang solid.



Keunggulan sebenarnya monitor ini adalah dalam kemampuan gaming. ASUS MG279Q merupakan salah satu dari monitor berteknologi Freesync. Freesync merupakan teknologi dari AMD yang memungkinkan tampilan gambar pada game tak terbelah atau tak mengalami efek tearing. Selain itu, resolusi-nya yang di atas rata-rata, WQHD (2560x1440 pixel) dapat membuat Anda untuk menikmati konten hiburan berkualitas tinggi.

ASUS MG279Q juga dilengkapi dengan kemampuan refresh rate yang tinggi, 144Hz. Hal tersebut membuat monitor ini mampu menampilkan gambar hingga 144fps, sehingga game dapat terlihat berjalan sangat mulus. ASUS MG279Q juga memiliki respons yang sangat baik. Respons terhadap aksi kami di mouse dan keyboard dapat ditampilkan secara langsung pada layar tanpa hambatan atau lag sekali pun.



ASUS MG279Q juga dilengkapi dengan sistem menu yang dapat dikontrol melalui tombol analog di belakang layarnya, serta dilengkapi dengan fitur custom profile. Monitor gaming ini juga dilengkapi dengan pilihan port yang lengkap, mulai dari D-SUB, HDMI, DisplayPort, hingga Mini DisplayPort.

Lantas apa kekurangannya? Secara teknis, monitor ini memang tergolong sempurna. Satu-satunya penghalang adalah ketersediaan. Monitor ini masih belum tersedia di Indonesia, serta harga yang cukup fantastis. Di Amazon, ASUS MG279Q dibanderol USD650 atau sekitar Rp8,6 juta, sebuah harga yang boleh dibilang setara dengan sebuah paket lengkap PC gaming kelas pemula.


(ABE)