Ketua DPR Sudah Deteksi Menteri yang Layak Diganti

Aedy azeza ulfi    •    Jumat, 17 Jul 2015 20:44 WIB
reshuffle kabinet
Ketua DPR Sudah Deteksi Menteri yang Layak Diganti
Ketua DPR Setya Novanto (kedua kanan) didampingi Wakil Ketua Agus Hermanto (kanan) berbincang dengan Ketua BPK Haris Azhar (kiri) di Ruang Pimpinan DPR, Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (13/7). (Foto: MI/MOHAMAD IRFAN)

Metrotvnews.com, Jakarta: Ketua Dewan Perwakilan RakyatRI Setya Novanto mengatakan persoalan reshuffle merupakan hak Presiden Joko Widodo. Namun, para wakil rakyat sudah deteksi kinerja para pembantu Presiden yang layak diganti.

"Masalah itu berkaitan hak prerogatif Presiden. Untung Presiden sudah mengetahui hal-hal yang berkaitan dengan komite dan evaluasi kinerja daripada menteri," jelas Novanto, Jumat (17/7/2015).

Menurut Novanto, saat ini DPR juga sudah mengantongi kesalahan dan kekurangan kinerja para menteri. Dia menuturkan sudah menandai  beberapa menteri yang perlu di-reshuffle.

"Kami juga sudah bisa mendeteksi beberapa menteri yang perlu menjadi perhatian penuh," tegas dia.

Novanto mengatakan DPR menilai kinerja menteri dari sistem organisasi baik, pada internal maupun eksternal. "Juga penyerapan anggaran yang kita harapkan sesuai, namun tidak. Karena masih banyak anggaran menteri yang belum tepat dan tidak sesuai dengan sebaik-baiknya," pungkas dia.


(OGI)