Tim Kementerian Agama Ikut Tangani Kasus Tolikara

Yogi Bayu Aji    •    Jumat, 17 Jul 2015 21:24 WIB
penyerangan
Tim Kementerian Agama Ikut Tangani Kasus Tolikara

Metrotvnews.com, Jakarta: Kasus penyerangan terhadap warga di Tolikara, Papua, terjadi di saat perayaan Idul Fitri. Tim dari Kementerian Agama akan dilibatkan dalam proses penyelesaiannya agar tak terulang di kemudian hari.

"Saya instruksikan kepada Dirjen Bimas Kristen dan Kakanwil Kemenag Papua untuk mencari tahu apa pangkal masalahnya dan menanganinya," ujar Menag Lukman Hakim dalam surat elektronik, Jumat (17/7/2015).

Dirjen Bimas Kristen dan Kakanwil Papua diminta segera melakukan pendekatan dengan tokoh-tokoh agama. Tak terkecuali dengan tokoh masyarakat setempat untuk bisa mengurai masalah dan mencegah rusuh susulan.

"Saya minta agar dilakukan pendekatan yang melibatkan tokoh-tokoh agama dan masyarakat di sana," jelasnya. 

"Saya berharap pihak berwajib memproses hukum kasus ini agar tak terulang di kemudian hari," sambung Menag Lukman.

Seperti diketahui ketika berlangsung sholat Id, tiba-tiba datang sekelompok orang yang berteriak-teriak. Tidak lama disusul lemparan batu dan pembakaran bangunan.

Brimob dan Yonif 756 yang melakukan pengamanan di lokasi sempat mengeluarkan tembakan peringatan untuk membubarkan massa. Belasan orang pelaku kerusuhan ditangkap.

"Pelakukan penyerangan sudah teridentifikasi. Tidak ada korban jiwa," kata Kabid Humas Polda Papua Kombes Patridge Renwarin.

 


(LHE)