Rahasia ASDP Menekan Kepadatan di Pelabuhan Merak

Ilham wibowo    •    Jumat, 17 Jul 2015 22:09 WIB
lebaran 2015
Rahasia ASDP Menekan Kepadatan di Pelabuhan Merak
Ratusan kendaraan pemudik dengan menggunakan roda empat mengantri masuk kapal roro untuk menyeberang ke Sumatera mengantre di Pelabuhan Merak, Banten,Rabu (15/7). (Foto: MI/ANGGA YUNIAR)

Metrotvnews.com, Jakarta: PT Angkutan Sungai, Danau, dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry berhasil menekan kepadatan di Pelabuhan Merak pada lebaran 2015. Hal ini lantaran persiapan yang dilakukan lebih matang ASDP Indonesia Ferry.

"ASDP Indonesia Ferry telah melakukan persiapan matang mulai dari memperluas dan menertibkan area pelabuhan. ASDP Indonesia Ferry dan operator kapal Gapasdap menyediakan kapal handal dan berkapasitas besar menjadi kunci kesuksesan. Peran kepolisian dan TNI juga sangat vital dalam pengamanan dan traffic management. Begitu juga tim kesehatan sangat-sangat membantu," Corporate Secretary ASDP Indonesia Ferry Christine Hutabarat dalam dalam rilis yang diterima Metrotvnews.com, Jumat, (17/7/2015).

Menurut dia, arus mudik melalui Pelabuhan Merak jauh lebih lancar dan tertib dan aman. Dalam puncak kepadatan, rata-rata waktu tunggu naik kapal bisa ditekan hingga dibawah 1,5 jam dari tahun sebelumnya yang bisa mencapai 4-5 jam.

Christine mengatakan, dibanding tahun sebelumnya, waktu tunggu naik kapal tahun ini dapat dilakukan jauh lebih cepat dan antrean kendaraan pun dapat terurai dengan zero accident. Hal ini, kata dia, pun mendapat respon positif pengguna jasa.

"Antrean yang tahun lalu sempat terjadi hingga luar pelabuhan, saat ini juga tidak terjadi. Yang paling penting adalah zero accident sehingga pemudik bisa diseberangkan degan aman ke Sumatera," tutur Christine.


(OGI)