Telkomsel: Terjadi Lonjakan Layanan Data di Malam Takbiran

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Sabtu, 18 Jul 2015 06:54 WIB
telkomsel
Telkomsel: Terjadi Lonjakan Layanan Data di Malam Takbiran
Telkomsel pantau trafik di malam takbiran.

Metrotvnews.com: Menjelang bulan puasa, biasanya para operator penyedia layanan telekomunikasi akan melakukan pengecekan jaringan karena di saat lebaran, biasanya terjadi lonjakan trafik yang signifikan. Setelah melakukan pemeriksaan jaringan pada awal Juni lalu, kini Telkomsel mengumumkan data mengenai lonjakan trafik yang terjadi pada malam takbiran, malam menjelang lebaran.

Telkomsel menyebutkan secara keseluruhan, terjadi peningkatan penggunaan layanan data sebesar 130 persen jika dibandingkan dengan tahun lalu. Di kawasan Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali dan Nusa Tenggara terjadi kenaikan sebesar 156 persen hingga 452.000 GB sementara di kawasan Papua, Maluku, Sulawesi dan Kalimantan terjadi peningkatan sebesar 138 persen hingga 312.000 GB.

Meski penggunaan data mengalami peningkatan, tetapi Telkomsel melihat bahwa penggunaan SMS tahun justru mengalami penurunan jika dibandingkan dengan tahun lalu. Meski penurunan ini tidak terlalu signifikan, yaitu penurunan sebesar 6 persen menjadi 952 juta SMS.

Sama seperti layanan data, layanan suara juga mengalami peningkatan di malam takbiran, yaitu menjadi 1,3 miliar menit. Hal ini berarti layanan suara mengalami peningkatan sebesar 18 persen jika dibandingkan dengan tahun lalu. Meski jika dibandingkan dengan penggunaan layanan suara sehari-hari, maka angka ini justru menunjukkan penurunan sebesar 9 persen.

"Hasil pemantauan kami menunjukkan bahwa sekarang ini, banyak pelanggan kami yang lebih memilih menggunakan layanan data untuk berkomunikasi dengan keluarga mereka di saat lebaran," kata Vice President Corporate Communications Telkomsel, Adita Irawati. 


(ABE)