Riyanni Djangkaru Bagi Tips Menyelam untuk Pemula

Nia Deviyana    •    Minggu, 19 Jul 2015 10:39 WIB
selebritas
Riyanni Djangkaru Bagi Tips Menyelam untuk Pemula
Riyanni Djangkaru (Foto: Metrotvnews.com/Pelangi K)

Metrotvnews.com, Jakarta: Beberapa tahun belakangan, menyelam menjadi salah satu olahraga yang digemari wisatawan. 

Namun, menyelam tak semudah kelihatannya. Ada aturan yang harus diperhatikan, terutama bagi mereka yang tergolong pemula. Berikut ini, tips menyelam aman dari Riyani Djangkaru, traveler yang terkenal suka memandu acara petualangan di televisi. 

1. Disiplin

Disiplin dalam hal ini, adalah mematuhi segala aturan yang diberikan instruktur. Selain itu, tambah Riyani, kita juga dilarang menantang alam. Ada baiknya mendengarkan saran dari masyarakat lokal. 

"Kalau kondisi laut sedang tidak memungkinkan, sebaiknya jangan memaksa. Jangan jumawa! Ini enggak hanya berlaku bagi penyelam pemula, tapi juga yang sudah berkali-kali menyelam," saran dia. 

2. Cek perlengkapan

Pastikan pula alat-alat yang digunakan dapat berfungsi dengan baik. "Keselamatan saat menyelam tergantung alat. Jadi pastikan, alat-alat yang dipakai berfungsi sebagaimana mestinya. 

3. Pastikan kondisi tubuh dalam keadaan sehat

Diri sendiri menjadi alarm terbaik untuk menilai kondisi tubuh. Sebelum melakukan aktivitas menyelam, pastikan kondisi tubuh dalam keadaan sehat. 

"Misalnya sedang pusing, ya jangan dipaksakan. Di bawah laut itu tekanannya sangat besar, sangat berbahaya kalau memaksa menyelam," pungkasnya.

(ASA)